Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Garisatu.com – Ketika jadwal kelahiran sang bayi semakin dekat, mama mungkin akan merasa bahwa saat ini posisi tidur dengan nyenyak hanyalah impian semata saja. Terutama pada saat memasuki trimester ketiga, banyak ibu yang merasakan bagian perutnya terlalu besar sehingga merasa kurang nyaman untuk berbaring.

Berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan seringkali membuat ibu hamil tua kesulitan mencari posisi untuk tidur. Hal inilah yang seringkali membuat ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak. Padahal, tidur yang cukup merupakan sesuatu yang penting bagi kesehatan mama.

Bacaan Lainnya
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur saat hamil memang menjadi sulit dipahami, meskipun begitu Mama benar-benar membutuhkannya.

Maka dari itu, kita akan membagikan informasi mengenai posisi tidur yang baik bagi ibu hamil:

1 . Posisi tidur menyamping ke kiri

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan trimester kedua dan ketiga, tidur menghadap ke kiri akan lebih baik dan ideal untuk Mama dan sang bayi. Posisi ini memungkinkan aliran darah dan nutrisi berjalan dengan lancar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan bayi. Selain itu, posisi tidur ini pun dapat meningkatkan fungsi ginjal, yang berfungsi untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh dan mengurangi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan juga bagian tangan mama.

Sebaliknya, jika mama tidur menghadap ke kanan dapat menghambat oksigen dan nutrisi menuju ke plasenta sehingga dapat membuat janin kekurangan dua asupan penting tersebut. Mama sebaiknya menghindari posisi tidur tersebut.

            2.         Hindari posisi tidur tengkurap

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Meskipun pada masa kehamilan trimester pertama masih aman bagi mama untuk tidur tengkurap, namun hal ini sebaiknya jangan dilakukan sebab tidur tengkurap akan memberikan tekanan pada janin. Posisi tidur terngkurap dapat membahayakan janin karena dapat menghambat aliran oksigen ke plasenta. Selain itu juga bisa menyebabkan Mama mengalami kesulitan bernapas.

Pastikan Mama selalu memerhatikan posisi tidur dan menghindari posisi tidur ini ya.

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

            3.         Hindari posisi telentang

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selain tidur tengkurap, Mama juga harus menghindari posisi tidur telentang dalam jangka waktu yang lama. Tidur telentang memang akan membuat mama merasa nyaman, namun para ahli menyarankan para mama untuk menghindari tidur telentang selama trimester kedua dan trimester ketiga.

Hal ini disebabkan karena tidur dengan posisi telentang akan menyandarkan seluruh berat rahim dan bayi pada bagian punggung, usus, dan pembuluh darah vena yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Tekanan ini bisa menyebabkan Mama sakit punggung, wasir, pencernaan kurang lancar, mengganggu sirkulasi darah, dan menyebabkan tekanan darah rendah yang dapat membuat Mama merasa pusing.

Sirkulasi darah yang kurang optimal juga bisa mengurangi aliran darah ke janin sehingga janin menjadi lebih sedikit menerima oksigen dan nutrisi.

Namun, tidur telentang masih diperbolehkan selama dilakukan hanya dalam waktu sebentar. Pastikan Mama tidak tertidur pulas dengan posisi telentang ya.

            4.         Gunakan bantal

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Penggunaan bantal untuk tidur pada masa kehanilan akan sangat membantu ibu hamil. Sebab bantal bisa membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman.

Bila ibu hamil merasa sesak napas atau napas terasa berat, maka letakkan bantal di bagian bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila ibu hamil merasakan nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

Ibu hamil juga bisa tidur dalam posisi setengah duduk supaya mencegah asam lambung naik. Sementara itu, untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri, Anda dapat meletakkan bantal di bagian samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Sepertinya semua cara diatas sudah dilakukan namun tetap terasa sulit untuk tidur lelap ? Simak kembali beberapa langkah dibawah ini yang mungkin bisa membantumu.

            •          Buat rutinitas tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap harinya.

            •          Hindari melakukan olahraga saat menjelang waktu tidur.

            •          Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat yang dicampur madu.

            •          Hindari minum teh, kopi, atau minuman bersoda, karena pada umumnya minuman minuman tersebut mengandung kafein.

            •          Ikuti senam hamil secara rutin. Selain bisa membuat tubuh lebih bugar, pertemuan dengan sesama ibu hamil dapat menjadi kesempatan berbagi cerita dan mengurangi kecemasan.

            •          Jika mengalami kram pada kaki hingga terbangun dari tidur, cobalah untuk memijakkan telapak kaki ke dinding dan dorong perlahan hingga terasa tarikan pada otot betis dan belakang paha. Tahan selama beberapa saat sampai kram reda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *