Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

  • Whatsapp
Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak
Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Garisatu.com – Anak bisa dengan mudah mengalami memar atau lebam di bagian tubuh. lebam atau memar bisa terjadi jika anak tanpa sengaja jatuh, terbentur, atau terpentok saat sedang bermain atau beraktifitas. Lebam terjadi saat bagian tubuh kita terbentur dengan benda keras sehingga menyebabkan pembuluh darah kecil (kapiler) pecah.  Sebagai orang tua tentu akan mengkhawatirkan lebam pada bagian tubuh anak. Tidak sedikit juga yang panik apalagi jika lebam terjadi di bagian tubuh seperti kepala, wajah, atau bagian tubuhnya.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri, lebam dikhawatirkan bisa menyebabkan hal lain yang lebih beresiko jika tidka ditangani. Lebam biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua atau tiga minggu.

Bacaan Lainnya
Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Namun pada beberapa kasus, lebam juga bisa memakan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama saat anak secara tidak sengaja mengalami lebam: 

1. Kompres dengan es 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Seperti yang dikutip dari WebMD, mengompres bagian yang memar dengan suhu dingin akan membantu meredakan pembengkakan dan peradangan yang terjadi.

Es batu juga bisa membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil atau jaringan di sekitarnya. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak menaruh es batu langsung pada bagian yang memar, sebab suhu yang terlalu dingin akan membuat anak semakin tidak nyaman. Bungkus terlebih dulu es batu dengan menggunakan handuk, kemudian kompres selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. 

2. Meninggikan posisi pada bagian yang memar 

Hal lain yang bisa dilakukan dalam mengatasi memar ialah dengan mengangkat bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari bagian dada. Seperti contoh memar yang terjadi pada bagian kaki, kamu bisa duduk atau tidur dengan menyangga kaki dengan menggunakan bantal.

Tujuannya ialah untuk mengurangi aliran darah pada area yang memar, sehingga dapat membantu meredakan pembengkakan. 

3. Kompres dengan air hangat 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Mengompres dengan menggunakan air hangat juga bis aditerapkan pada area yang memar, namun disarankan untuk mengompres air hangat  dua hari setelah kompres air dingin atau es.

Tujuan mengompres menggunakan air hangat ini supaya mempercepat perubahan warna kulit supaya Kembali normal. Kamu bisa menggunakan kain yang sudah direndam air hangat, peras lalu kompreskan pada bagian tubuh yang memar selama 10 menit. Lakukan kegiatan ini 2-3 kali sehari secara rutin. 

4. Pembebatan 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Pembebatan bisa digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi kontaminasi oleh mikroorganisme dan membantu mengurangi ketegangan jaringan luka.

Kamu bisa melakukan pembebatan dengan perban yang elastis namun harus dipastikan tidak terlalu kencang supaya memar tidak semakin parah dan mengurangi rasa nyeri yang timbul. 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

5. Konsumsi obat Pereda nyeri 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Mengonsumsi obat Pereda nyeri juga bisa dilakukan jika memar membuat anak kesakitan dan tidak nyaman. Obat Pereda nyeri seperti paracetamol bisa membantu mereda nyeri. Namun car aini bisa dilakukan jika benar benar butuh dan dipastikan untuk tetap memperhatikan petunjuk pemakaian obat. 

Cara cara diatas bisa mempercepat proses penyembuhan memar. Selain itu, memar sendiri akan mengalami beberapa tahap perubahan warna, setiap warna yang muncul pun memiliki arti yang berbeda beda pula. Simak perbedaannya dibawah ini: 

`1. Merah 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Biasanya setelah terbentur maka yang akan terlihat adlaah memar yang berwarna merah. Memar yang berwarna merah juga biasanya akan terasa sakit, bengkak, dan nyeri saat disentuh. 

2. kebiruan hingga ungu gelap 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Setelah satu atau dua hari setelah benturan terjadi, warna memar akan berubah menjadi biru dan ungu gelap. Hal ini disebabkan karena asupan oksigen yang minim pada area pembengkakan, yang menyebabkan hemoglobin yang berwarna merah, akhirnya berubah menjadi kebiruan atau ungu gelap. 

3. hijau pucat 

Pertolongan Pertama Lebam Pada Anak

Jika memar berubah warna menjadi hijau pucat, ini berarti hemoglobin didalam darah mulai terurai dan memar sedang mengalami proses penyembuhan. 

4. kuning kecoklatan 

Ini merupakan tahap penyembuhan terakhir pada luka memar. Warna ini menandakan proses penyembuhan memar dan lambat laut memar akan sembuh dan Kembali pada warna kulit yang normal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *