Perpanjang Paspor: Kini 10 Tahun Sekali

  • Whatsapp
Perpanjang Paspor: Kini 10 Tahun Sekali
Perpanjang Paspor: Kini 10 Tahun Sekali

Garisatu.com – Seperti yang kita ketahui, masa berlaku pasport selama ini adalah lima tahun. Namun, pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) 51 tahun 2020 yang mengatur masa passport hingga 10 tahun dan telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

20200925 091203

Perpanjang Paspor

Dalam pasal 51 PP tersebut, ada tiga poin yang diubah. Sehingga berbunyi seperti berikut.

Bacaan Lainnya

  1. Masa berlaku Paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal diterbitkan.
  2. Masa berlaku Paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi balas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.
  3. Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
WhatsApp Image 2020 09 24 at 16.08.08

Peraturan baru mengenai perpanjang paspor ini ramai diperbincangkan oleh warganet twitter, salah satu warganet mengunggah twit dengan melampirkan peraturan baru terkait aturan ini.

Dalam foto yang diunggah salah seorang warganet, menunjukkan bahwa kebijakan baru mengatur masa berlaku paspor biasa menjadi 10 tahun, di mana sebelumnya perpanjang paspor biasa hanya berlaku selama 5 tahun.

1601018336124 paspor

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Arvin Gumilang akan tetapi ketentuan ini tidak langsung diberlakukan karena menunggu ketentuan lebih lanjut yang utamanya menyangkut peraturan pelaksanaan, dan mekanisme teknis.

“Memang betul, saat ini sudah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2020 yang mengatur masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun,” kata Arvin

“Namun tentunya masih menunggu peraturan pelaksanaannya yang mengatur beberapa hal termasuk di dalamnya mengenai tarif PNPB-nya. Saat ini belum (berlaku),” lanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *