Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplement Dan Vitamin

  • Whatsapp
Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin
Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin

Garisatu.com – Tips minum suplement dan vitamins dengan benar? Situasi pandemik yang tidak kunjung berakhir membuat kita harus memberikan perhatian lebih pada kesehatan tubuh dengan konsumsi suplement. Terutama menjaga imunitas supaya tidak mudah terserang virus dan penyakit. Kesadaran akan pentingnya menjaga imunitas tidak hanya membuat kita lebih selektif terhadap makanan makanan yang kita konsumsi saja, namun juga kita butuh mengonsumsi suplement dan vitamin tambahan supaya menjaga daya tahan tubuh.

Akan tetapi banyak orang yang masih salah kaprah terkait mengonsumsi suplement vitamin dan mineral. Mereka mengandalkan asupan suplement untuk memenuhi kebutuhan gizinya, padahal faktanya hal tersebut keliru.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilansir dari American Health Association, suplement memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplement Dan Vitamin

Tetapi kunci keberhasilan pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral dalam keseharian terletak pada pola makan bergizi dan seimbang, dan juga sebaliknya.

Dalam mengonsumsi suplemen vitamin pun, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan.

1.         Minum suplemen vitamin yang larut air

Dilansir dari WebMD, jenis jenis vitamin yang larut dalam air antara lain vitamin C, B!, B2, B3, B5, B6, B7, B9,dan juga B12.

Tubuh tidak bisa menyimpan jenis vitamin ini karena sifatnya yang larut dalam air. Dan konsumsi zat gizi ini perlu dipenuhi setiap harinya. Penyerapan vitamin ini juga perlu diperhatikan.

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplement Dan Vitamin

Mengonsumsin vitamin b12 dengan vitamin c sebaiknya diberi jeda dua jam. Sebab jika diminum bersamaan, bisa menghambat proses penyerapan vitamin b12.

2.         Minum suplemen vitamin larut lemak

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin

Jenis jenis vitamin yang larut lemak diantaranya yakni vitamin A, D, E, dan K. Maka untuk mengoptimalkan penyerapannya, konsumsi vitamin ini perlu bersama dengan makanan berlemak.

Tetapi tidak membutuhkan makanan yang mengandung lemak banyak. Konsumsi lemak dalam jumlah yang cukup saja sudah bisa membantu penyerapan vitamin vitamin ini. Dan sebaiknya mengonsumsi lemak sehat seperti alpukat, kacang kacangan, ikan, atau minyak zaitun.

3.         Minum suplemen zat besi

Jika kamu mengonsumsi suplemen zat besi, suplemen ini paling baik dikonsumsi dalam kondisi perut kosong dan minum suplemen ini dengan air putih. Akan tetapi jika anda merasa mual mengonsumsinya saat perut kosong, anda bisa menggantinya menjadi setelah makan.

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin

Setelah mengonsumsi suplemen zat besi sebaiknya hindari produk produk berkafein dan berkalsium tinggi seperti teh, kopi, cokelat, susu, dan juga produk susu karena bisa menghambat penyerapan zat besi. Sebaliknya, disarankan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C karena ini bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi.

4.         Minum suplemen mineral

Suplemen mineral dengan dosis yang tinggi bisa saling bersaing untuk diserap oleh tubuh. maka dari itu hindari untuk mengonsumsi suplemen kalsium, zinc, atau magnesium secara bersamaan. Minumlah bergantian sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu, jangan juga menggabungkan suplemen mineral bersamaan dengan suplemen multivitamin atau vitamin antioksidan. Mengonsumsi suplemen mineral juga paling baik dilakukan setelah makan, atau tidak dalam perut kosong.

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplement Dan Vitamin

5.         Minum suplemen vitamin A

Jika kamu mengonsumsi vitamin A sebaiknya perhatikan dosis dan makanan mengandung vitamin A yang sudah dikonsumsi sebelumnya. Terutama bagi ibu hamil, sebab mengonsumsi vitamin A lebih dari 10.000 IU per hari bisa menyebabkan byai cacat lahir.

6.         Minum suplemen bersama dengan obat

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin

Jika kamu ingin meminum suplemen dan juga obat sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu karena beberapa kandungan suplemen bisa bereaksi atau menimbulkan efek samping jika diminum bersamaan dengan obat.

Seperti contoh, orang yang minum obat pengencer darah tidak disarankan untuk minum vitamin K yang biasanya terdapat dalam suplemen multivitamin.

Bagi orang yang minum obat tiroid, hindari minum obat bersamaan dengan suplemen mengandung kalsium, magnesium, dan zat besi. Beri jeda setidaknya empat jam. Konsultasikan dengan dokter cara minum suplemen yang paling tepat saat Anda sedang menjalani pengobatan.

7.         Perhatikan kebutuhan nutrisi harian

Perhatikan Ini! Jika Ingin Minum Suplemen Dan Vitamin

Kebutuhan vitamin dan mineral per hari setiap orang bisa berbeda-beda. Besarnya tergantung pada jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatan. Dokter pada umumnya menyarankan jenis suplemen vitamin dan mineral dosis tertentu dengan menakar pertimbangan di atas.

Misalkan, orang lansia membutuhkan vitamin D dan B12 lebih banyak dibandingkan anak muda. Sedangkan wanita membutuhkan kalsium dan vitamin D lebih banyak setelah menopause.

Hindari meminum suplemen vitamin dan mineral dosis tinggi secara sembarangan. Hal itu dapat memicu kelelahan, diare, batu ginjal, sampai kerusakan organ.

Pastikan Anda mencatat setiap suplemen vitamin dan mineral yang dikonsumsi. Sampaikan kepada dokter sebelum ahli kesehatan meresepkan obat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *