Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

  • Whatsapp
Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!
Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Garisatu.com – Apa yang terlintas diotak kamu jika mendengar kata tremor? Biasanya orang akan berpikir tremor merupakan kondisi dimana seorang lansia dengan tangan yang bergerak secara tidak terkendali. Tapi apakah sebenarnya tremor itu? penyebab tremor merupakan gerakan otot tak sadar yang kemudian menimbulkan guncangan tidak terkendali pada bagian bagian tubuh tertentu. Area yang terdampak tremor biasanya meliputi tangan, lengan, kepala, laring (kotak suara), lidah dan pipi. Bagian tubuh yang jarang terdampak oleh tremor biasanya tubuh bagian bawah.

Tremor tidak hanya bisa terjadi pada lansia saja namun juga bisa terjadi tremor dini pada anak remaja. Kamu perlu mengetahui penyebab tremor, antara lain sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

1. Kesehatan mental 

Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Pada remaja, sering kali mengalami fase depresi dan kecemasan (anxiety). Kecemasan ini pun bisa datang dari berbagai sumber. Bisa datang dari tekanan sekolah, konflik dengan keluarga atau lingkungan sosial seperti lingkup pertemanan, yang kemudian memicu stress dan membebani remaja.

Kondisi anxiety pada remaja umum terjadi karena pada fase ini remaja sedang mengalami pertumbuhan secara fisik maupun emosional. Anxiety perlu diperhatikan secara khusus karena bisa mempengaruhi kondisi psikis maupun fisik anak.

Gerakan tangan yang tidak terkontrol merupakan salah satu gejala umum dari kecemasan. Banyak berkomunikasi dan beri perhatian pada anak supaya ia bisa meyampaikan isi hati dan menceritakan permasalahannya. Jika kondisi sudah dianggap cukup parah, kamu bisa bicara dengan konselor. 

2. Penyalahgunaan obat obatan 

Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Remaja sangat rentan terpengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, pada fase ini pun jiwa ingin tahu mereka lebih tinggi sehingga membuat mereka penasaran dan ingin mencoba segala hal.

Salah satunya yang dikhawatirkan jika remaja terjebak dalam penggunaan obat oabatan terlarang dan alcohol. Jika seorang anak sudah mulai ketergantungan dengan obat obatan terlarang dan alcohol, hal ini bisa menstimulasi kinerja otak maupun fisiknya.

Salah satunya juga mencakup tremor pada tangan. Anak yang sudah kecanduan dan kebutuhannya tidak terpenuhi akan menunjukkan gejala tangan tremor saat ia tak mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. 

3. Masalah diet 

Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Tidak sedikit juga remaja termasuk remaja perempuan yang menjalani program diet guna mendapatkan tubuh bagus dan ideal. Biasnaya tidak tanggung tanggung orang rela merasa kelaparan dan dehidrasi. Hal ini juga bisa menyebabkan tremor pada seseorang.

Jika remaja ingin diet, boleh sja asalkan penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan tetap menjaga tubuh supaya terhidrasi. Selain itu, , mengonsumsi kafein juga akan meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan kejang otot. Jika anak Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, bisa jadi ia akan menjadi penyebab tremor sementara.

Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Masalah Kesehatan 

Penyebab Tremor Yang Wajib Kamu Ketahui!

Salah satu penyebab tremor yang jarang disadari ialah kondisi Kesehatan seperti gula darah rendah. Jika anak mengalami gemetaran secara konsisten selama beberapa minggu, ajaklah untuk memeriksa gula darahnya. Selain itu, masalah otot termasuk cedera dan terlalu keras menggunakan fisik untuk berolahraga, juga dapat menjadi penyebab tremor.

Itulah hal hal yang bisa menjadi penyebab tremor pada anak. Gejala tremor memang mudah terlihat, namun untuk mengobatinya, perlu mengetahui factor utama penyebabnya. Bebrapa cara dibawah ini bisa dilakukan untuk mengobati tremor. 

1. Jika kondisi yang mendasarinya jelas, seperti hipertiroidisme, Anda dianjurkan untuk pergi ke dokter.

2. Sementara jika penyebab tremor adalah efek samping, gejala gemetar ini bisa jadi hilang ketika Anda mengganti obat. 

3. Membatasi atau menghindari zat yang dapat menyebabkan tremor, seperti kafein dan amfetamin. 

4. Terapi fisik diyakini dapat mereduksi tremor karena terapis akan membantu Anda untuk meningkatkan kontrol otot, fungsi, dan kekuatan sambil meningkatkan koordinasi serta keseimbangan. 

5. Jika kecemasan atau panik menyebabkan tremor, seseorang dapat berlatih teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan.

6. Dianjurkan juga untuk menghentikamn kebiasaan merokok dan hentikan mengonusmsi alcohol berlebihan. 

Tremor umumnya bukan merupakan suatu kondisi yang serius. Namun, jika disebabkan penyakit Parkinson kondisinya dapat semakin memburuk seiring perkembangan penyakitnya.

Jika sering terjadi dan intensitasnya meningkat, tremor juga dapat menyebabkan komplikasi berupa:

• Kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, mandi, dan bekerja

• Gangguan sosial akibat penderita membatasi aktivitas fisik, bepergian, dan komunikasi dengan orang lain untuk menghindari rasa malu akibat tremor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *