Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

  • Whatsapp
Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif
Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Garisatu.com – Apakah kamu mengalami gigi ngilu atau cenat cenut saat mengonsumsi minuman atau makanan dingin? kondisi ini disebut sebagai gigi sensitive. Gigi sensitif bisa terjadi sementara waktu atau dalam jangka Panjang, dan baik pada satu gigi ataupun beberapa gigi. 

Kondisi gigi yang ngilu dan cenat cenut tentu menimbulkan rasa yang sangat amat mengganggu. Perlu diketahui sebelumnya apa penyebab gigi ngilu sehingga kita bisa mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, gigi menjadi sensitive ketika lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi, misalnya karena kerusakan enamel (pelindung yang berada dilapisan terluar gigi). Penyebab gigi sensitive pun berbagai macam, seperti :

1. Kurang hati hati saat menyikat gigi 

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Menyikat gigi sebenarnya tidak boleh sembaragan. Sebab jika meggosok gigi terlalu kencang dan terlalu ditekan bisa memicu kerusakan pada enamel gigi.

Menyikat gigi terlalu keras lambat laun akan menyebabkan pengikisan lapisan gigi yang menjadi penyebab gigi ngilu dan sensitive. Namun banyak orang yang mengabaikan poin yang satu ini.

Faktor pemilihan sikat gigi juga dapat menjadi pemicu gigi sensitive, menggunakan bulu sikat yang kasar dan keras dapat membuat gusi luka dan gigi ngilu.  Untuk mengatasinya, sebaiknya beralih ke sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut dan menyikat gigi dengan pelan. 

2. Makanan yang dikonsumsi

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Beberapa makanan tanpa disadari bisa memicu gigi ngilu. Biasnaya merupakan makanan yang terlalu asam, panas, atau dingin. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi supaya menghindari gigi ngilu sewaktu waktu.

Makanan seperti es batu bisa menimbulkan gigi ngilu karena selain suhunya yang terlalu dingin, tekstur keras pada es batu juga bisa membuat rusaknya lapisan pada gigi.

Permen yang terlalu manis dan lengket yang menempel pada gigi juga bisa menstimulasi saraf didentin (lapisan dalam gigi) sehingga menyebabkan gigi semakin ngilu.

Kemudian soda, sebab soda mengandung dua bahan utama yang dapat merangsang gigi ngilu yakni kandungan gula yang tinggi dan asam. Sehingga tidak heran jika soda sangat mudah membuat gigi ngilu. 

3. Menggunakan pasta gigi pemutih 

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Gigi kuning memang membuat rasa percaya diri turun sehingga banyak yang memilih pasta gigi yang bisa memutihkan gigi. Namun disarankan untuk memilih pasta gigi yang memiliki kandungan alami atau mengandung bahan kimia yang tidak terlalu keras.

Kandungan bahan kimia yang terlalu keras juga bisa menyebabkan kerusakan permukaan gigi. 

4. Penyakit gusi 

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Seiring dengan bertambahnya usia, apalgi jika anda tidak menjaga Kesehatan gigi dengan baik, penyakit gusi bisa dengan mudah menghampiri. Penyakit gusi dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi sehingga gigi terasa ngilu.

Jika penyakit gusi adalah masalahnya, dokter gigi Anda akan menawarkan perawatan yang tepat untuk mengobati penyakit yang jadi penyebabnya.

Masalah pada gusi yang juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif misalnya radang gusi (gingivitis) atau infeksi gusi (periodontitis). Jadi, biasakan untuk rutin periksa ke dokter gigi Anda.

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

5. Penumpukan plak yang berlebihan 

Tujuan menggunakan benang gigi dan sikat gigi ialah untuk membuang plak yang terbentuk setelah Anda makan. Penumpukan plak yang berlebihan bisa menyebabkan lapisan enamel gigi hilang.

Maka dari itu, hal ini pun bisa menjadi salah satu penyebab gigi ngilu atau sensitif karena kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel.

Solusinya adalah menjalani perawatan gigi harian yang baik dan mengunjungi dokter gigi Anda untuk membersihkannya minimal setiap enam bulan sekali.

6. Gigi berlubang dan adanya pembusukan 

Penyebab Gigi Ngilu Dan Sensitif

Gigi berlubang merupakan factor yang bisa menyebabkan rasa ngilu yang luar baisa bahkan melenihi gigi sensitive. Dokter gigi Anda perlu memeriksa gigi Anda dan menentukan pengobatan yang tepat, seperti penambalan gigi.

Seiring bertambahnya usia, tambalan bisa melemah, patah, atau bocor di sekitar tepinya. Hal tersebut dapat memudahkan bakteri menumpuk di celah kecil ini. Akhirnya terbentuklah penumpukan asam yang menyebabkan enamel gigi rusak.

Itu dia penyebab penyebab gigi menjadi sensitive. Setelah mengetahui hal hal apa sjaa yang bisa memicu gigi sensitive, sebaiknya hindari hal hal tersebut dan cobalah untuk melakukan perawatan gigi yang rutin ke dokter gigi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *