Penghasilan Warga Bisa Rugi 72 Triliun Jika Jakarta Lockdown!

  • Whatsapp
Penghasilan Warga Bisa Rugi 72 Triliun Jika Jakarta Lockdown!

Garisatu.com – Untuk sekarang, masih belum ada kepastian apa DKI Jakarta akan lockdown atau tidak.

Keputusan yang berat tersebut tengah dibahas pemerintah RI. Banyak faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah kerugian ekonomi.

Bacaan Lainnya

Lockdown yang direncanakan bertujuan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran wabah virus corona COVID-19. Hal ini karena karantina wilayah saja tidak cukup untuk seluruh masyarakat taati. Masih ada yang diduga melanggar, jika dilihat dari penambahan kasus setiap harinya.

Akan tetapi, jika benar Ibu Kota akan dilockdown, Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia menghitung DKI Jakarta bisa terimbas kerugian bagi seluruh warga sebesar Rp 72 triliun.

Tentu hal ini karena seluruh aktivitas dibatasi dengan ketat.

Wakil Direktur SIL UI Tri Edhi Budhi Soesilo mengatakan bahwa pihaknya membuat simulasi hitungan dampak ekonomi dalam tiga skema kebijakan pemerintah.

Tiga skema tersebut yakni bisnis seperti biasa atau interaksi masyarakat tidak ada pembatasan, partial lockdown atau 70% interaksi masyarakat dibatasi, dan total lockdown atau 100% aktivitas dihentikan.

Dampak setiap skema kebijakan tersebut dihitung oleh pihaknya di sektor ekonomi, baik pariwisata dan jasa, perdagangan, industri, dan transportasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *