Penggunaan Masker Scuba Dilarang Keras!

  • Whatsapp
Penggunaan Masker Scuba Dilarang Keras!
Penggunaan Masker Scuba Dilarang Keras!

Garisatu.com – Per 21 September 2020, KCI (Kereta Commuter Indonesia) melarang penumpang KRL untuk menggunakan masker yang berbahan scuba atau buff dan mewajibkan seluruh penumpang KRL untuk menggunakan masker yang efektif mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung, contohnya masker kain tiga lapis.

057340200 1600232492 Masker Scuba Dianggap Tak Efektif Atasi Virus Corona Ini Alasannya shutterstock 1757895749

VP Corporate Communications KCI Anne Purba mengatakan, hal ini sesuai dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai jenis masker yang efektif.

Bacaan Lainnya

“Para pengguna juga kami ajak untuk memperhatikan penggunaan masker yang benar, yaitu selalu menutupi hidung dan mulut hingga ke dagu,” kata Anne dalam siaran resmi, Sabtu (19/9).

Masker Scuba Dilarang!

Masker Scuba

Masker berbahan scuba dan buff dinilai tidak cukup dalam menutupi hidung dan mulut secara sempurna.

Padahal sebelumnya, menurut Syahrizal, Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menganjurkan jenis-jenis masker yang aman digunakan untuk menekan risiko penularan virus. Menurutnya, masker scuba dan buff tidak termasuk dalam anjuran WHO.

5f60dcb249d82

Syahrizal juga mengatakan bahwa masker kain yang dinilai aman untuk menekan risiko penularan virus ialah masker yang terdiri atas tiga lapisan. Tiga lapisan ini punya tugas masing-masing untuk menjaga saluran pernapasan. Tidak seperti masker scuba dan buff yang terdiri atas satu lapisan kain saja.

“Lapisan pertama adalah lapisan anti air. Lapisan kedua, adalah lapisan yang terdiri atas bahan yang bisa menyerap cairan. Lapisan ketiga baru bisa berbahan lembut yang tidak mengganggu pernapasan,” katanya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *