Ini Penampakan Gerhana Bulan Strawberry Moon 6 Juni 2020 pukul 00.45 WIB

  • Whatsapp
Penampakan Strawberry Moon Atau Gerhana Bulan Tanggal 6 Juni 2020

Garisatu.com – Bulan Juni ini tepat pada tanggal 6 Juni 2020 pukul 00.45 WIB akan terjadi Gerhana Bulan Penuh yang mana disebut sebagai Gerhana Bulan Strawberry Moon.

Para Astronom menyebutkan bahwa Fenomena gerhana ini disebut sebagai Gerhana Penumbra, ini terjadi saat posisi bulan dan matahari tidak sejajar, atau ketika cincin terluar bayangan bumi hanya menyerempet bulan.

Posisi ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi, yang mengakibatkan bulan akan terlihat lebih redup jika di bandingkan dengan saat terjadi bulan purnama.

Dikutip dari Space.com secara Geografis, penampakan gerhana bulan strawberry moon ini juga terbatas, dimana hanya dapat terlihat di Asia Barat, dan Asia Tengah, Afrika Tengah dan Timur, Australia, Samudera Hindia dan Atlantik.

Baca Juga: [VIRAL] 5 Rekomendasi Drama Korea Bulan Juni 2020

Jika cuaca bagus, para pengamat yang langit yang tidak dapat melihat sendiri masih dapat mengawasi bulan menggunakan Teleskop Virtual yang dapat melakukan Streaming langsung.

Strawberry Moon atau Bulan Stroberi

Penampakan Strawberry Moon Atau Gerhana Bulan Tanggal 6 Juni 2020
Strawberry Moon atau Bulan Stroberi

Dikutip dari website resmi NASA, gerhana bulan kali ini dinamakan Strawberry Moon karena nama ini disebutkan oleh suku Algonquin, yang bertepatan dengan musim panen strawberry atau stroberi yang singkat di AS bagian timur laut.

BMKG Indonesia juga telah memperkirakan akan terjadi beberapa gerhana lain nya, yaitu gerhana matahari cincin (GMC) pada tanggal 21 Juni 2020 dan gerhana bulan penumbra (GBP) pada 20 November 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *