Pemerintah RI Akhirnya Ungkap Data Corona yang Lengkap!

  • Whatsapp
Pemerintah RI Akhirnya Ungkap Data Corona yang Lengkap!

Garisatu.com – Per Selasa, 14 April 2020, data corona yang lengkap di Indonesia akhirnya diumumkan oleh pemerintah. Pengumuman disampaikan oleh juru bicara pemerintah RI untuk penanganan wabah COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto.

Isi data tersebut yakni jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengasawan (PDP) berhubungan dengan penyakit virus corona COVID-19.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data pemerintah  yang diumumkan, jumlah ODP kini mencapai 139.137 orang.

“Saudara-saudara kita yang termasuk kategori ODP sampe saat ini 139.137 orang,” ungkap Pak Achmad dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) kini sudah ada 10.482 orang.

Pemerintah menggunakan polymerase chain reaction (PCR) untuk mengecek.

Diharapkan agar para warga yang berkriteria ODP bisa mengikuti protokol kesehatan dengan benar, yakni mengisolasi diri selama 14 hari. Hal ini karena mereka berpotensi menularkan virus corona.

“Ini menjadi perhatian besar karena tidak menutup kemungkinan (orang) masuk dalam pemantauan tidak sakit, sakit ringan tapi dirasakan seakan tidak sakit, berpotensi menjadi sumber penularan,” tutur Pak Achmad.

Maka itu Pak Achmad meminta masyarakat untuk tetap mematuhi jarak aman dalam berkomunikasi, setidaknya satu hingga dua meter, selalu mengenakan masker jika terpaksa keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Faktanya, ada banyak kasus positif yang tidak mengalami gejala dan keluhan, dan masih berada di tengah masyarakat.

“Ini menjadi sumber penularan dan kedua masih ada masyarakat yang rentan tertular,” Pak Achmad.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *