Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

  • Whatsapp
Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!
Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

Garisatu.com – Pelihara hamster atau marmut ya? Di Indonesia, hewan peliharaan yang cukup terkenal selain kucing dan anjing ialah hamster. Hamster termasuk binatang berbulu dengan ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan kucing atau anjing. Banyak orang yang memelihara hamster karena memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga tidak susah dalam merawatnya. 

Selain itu, hamster juga termasuk hewan berbulu yang lucu dan lincah yang berhasil menarik perhatian orang-orang untuk menjadikan hamster sebagai hewan peliharaan.

Bacaan Lainnya

Hamster sendiri memiliki sekitar 18 spesies, yang bisa diklasifikasikan ke dalam enam sampai tujuh genus.

Ciri khas hamster adalah memiliki badan yang gemuk dengan ekor yang lebih pendek dari badannya.

Selain hamster, ada pula hewan yang terlihat sejenis bernama marmut atau guinea pig. Guinea pig atau bahasa indonesianya lebih dikenal dengan marmut adalah sejenis hewan pengerat yang tergolong ke dalam familia Sciuridae atau sama dengan famili bajing.

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

Meskipun guinea pig masih cukup jarang ditemukan di Indonesia, tetapi jika dilihat sekilas keduanya memang cukup mirip sehingga membuat orang salah mengenalinya.

Namun perbedaan mendasar antara hamster dan guinea pig yakni hamster memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan guinea pig.

Dan persamaan antara keduanya ialah memiliki dua buah gigi seri di bagian depan sehingga ini menjadi letak kesalahan sebagian orang dalam membedakannya.

Untuk perbedaan yang lebih jelas antara guinea pig dan hamster, simak penjelasan dibawah ini.

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

1.         Hamster memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan guinea pig. Perbedaannya bahkan bisa mencapai lima kali lipat.

Namun tentu saja anak guinea pig akan berukuran lebih kecil dan serupa seperti hamster.

Ukuran hamster pada umumnya berkisar antara 2 cm hingga 5 cm sedangkan guinea pig memiliki ukuran sekitar 10 hingga 25 cm.

2.         Hamster merupakan pemakan biji bijian sedangkan guinea pig menyukai rumput rumputan dan sayuran, Guinea pig tidak menyukai biji bijian.

3.         Hamster memiliki kantong penyimpan makanan didalam mulutnya sedangkan guinea pig tidak. Menjadi hal yang wajar jika kamu melihat hamster dengan pipi gemuk karena pipi hamster berkantong elastis, serta bisa menyimpan makanan seberat 20 persen dari total berat badannya.

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

4.         Hamster memiliki telinga yang mampu berdiri tegak, dan guinea pig tidak.

5.         Hamster memiliki sifat yang cenderung lebih aktif dan lebih lincah jika dibandingkan dengan guinea pig yang memiliki sifat cenderung pasif.

6.         Hamster membutuhkan asupan vitamin C dari makanan. Begitu juga dengan guinea pig. Hanya saja perbedaannya ialah, jika hamster kekurangan vitamin C, hal ini tidak akan mengganggu Kesehatan hamster.

Akan tetapi jika guinea pig kekurangan asupan vitamin C, akan mengakibatkan marmut mengalami gangguan Kesehatan bahkan bisa berujung pada kematian.

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

7.         Hamster merupakan hewan yang bisa dipelihara meskipun sendirian karena hamster tidak mudah depresi jika tidak hidup berkelompok dengan hamster lainnya.

Tetapi hal ini bertolak belakang dengan marmut yang mudah depresi. Marmut termasuk kedalam binatang yang sosial, suka hidup berkelompok dan didominasi oleh marmut jantan, oleh karena itu marmut tidak bisa dipelihara sendrian karena marmut akan mudah depresi.

8.         Hamster memiliki bulu yang cenderung lembut sedangkan marmut memiliki bulu yang cenderung kasar.

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

9.         Hamster termasuk hewan yang menyukai kebersihan. Hamster membersihkan tubuhnya dengan cara berguling-guling di atas pasir bersih untuk menghilangkan kutu dan juga minyak yang ada di bulu-bulunya. Berbeda dengan marmut.

10.       Ada sebuah fakta menarik dari hamster yang membedakannya dari marmut yaitu sebagai berikut ini:

•          Hamster adalah buta warna sehingga hanya dapat melihat warna hitam putih saja. Ia hanya dapat melihat sejauh 6 inci dari depan pandangannya sehingga hamster hanya mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya saja

Pelihara Hamster Atau Marmut Ya? Ini 11 Perbedaannya!

•          Hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonic sehingga indera pendengaran hamster sangat tajam seperti halnya pendengaran anjing.

11.       Marmut melakukan hibernasi sepanjang musim dingin dengan membuat sarang dibawah tanah untuk berlindung dari dinginnya udara dilingkungan tempat tinggalnya, sedangkan hamster tidak berhibernasi.

Itu dia perbedaan antara hamster dan marmut yang perlu kamu ketahui supaya tidak salah dalam membedakan kedua jenis hewan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *