Pasien Suspect COVID-19 Di Jogja Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Pasien Suspect COVID-19 Di Jogja Meninggal Dunia

Garisatu.com – Terdapat dua suspect virus corona di Yogyakarta, dan salah satunya telah meninggal dunia. Pasien tersebut berinisial R, umur 74 tahun. Ia meninggal di hari Kamis (5/3) pada pukul 11.30 WIB.

“Pasien dinyatakan meninggal pada pukul 11.30 WIB hari Kamis, 5 Maret 2020. Pasien saat ini sudah dibawa pulang oleh keluarganya pada tanggal 6 Maret 2020 dari RSUP dr Sardjito pukul 04.30 WIB keluar dari lnstalasi Kedokteran Forensik,” ujar dr Rukmono Siswishanto, PLH Direktur Utama RSUP Sardjito, Jumat (6/5).

Dr Rukmono menjelaskan bahwa meski setelah pasien sudah meninggal, pihaknya sempat menunggu hasil laboratorium Litbangkes untuk memastikan apa benar ia meninggal karena virus corona.

Bacaan Lainnya

Untung saja, kabar baik pada sore harinya, Litbangkes menungkapkan hasil tes pasien tersebut dinyatakan negatif virus corona COVID-19 maupun flu unta.

Pasien Suspect COVID-19 Di Jogja Meninggal Dunia

Meski begitu, dr Munawar Gani, dokter spesialis paru RSUP, dan dr Sardjito mengungkap hasil pemeriksaannya. Pria berinisial R tersebut meninggal karena serangan pneumonia bakterial.

“Jadi diagnosis mengarah ke pneumonia bakterial. Jadi pneumonia yang disebabkan oleh kuman,” jelasnya.

Katanya, selama pasien tersebut dirawat, ia sudah tidak demam dan sesak napas. Kondisinya pun cukup baik.

“Dia kondisinya memang mendadak artinya dengan waktu begitu cepat dia kaku henti napas. Kalau dari analisa, jadi kematian mendadak disebabkan oleh proses jantung,” ungkapnya.

Pasien ini sebelumnya dirujuk dari RSUD Jogja. Pria tersebut pulang umrah belum lama, yakni pada 1 Maret lalu. Ia termasuk dalam kriteria pengawasan karena baru saja balik dari luar negeri, dan juga mengalami batuk serta demam.

Dari hasil Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), pasien asal Bengkulu tersebut dinyatakan negatif mers-cov dan COVID-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *