[VIRAL] Palestina Dihapus Dari Google Maps dan Apple Maps 2020

  • Whatsapp
Palestina Dihapus Dari Google Maps dan Apple Maps 2020

Garisatu.com – Baru viral fakta tentang Palestina yang sudah tidak ada dalam peta digital seperti Google Maps dan Apple Maps. Padahal hal ini suda terjadi sejak 2016 lalu.

Mengetik Palestina (atau Palestine dalam pencarian berbahasa Inggris) dalam pencarian di Apple Maps dan Google Maps akan menunjukkan garis besar untuk wilayah Jalur Gaza dan Tepi Barat, namun tak ada label untuk negara tersebut. Selain itu juga pengguna akan diarahkan ke Israel.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya di tahun 2016, sebuah petisi di Change.org mengklaim bahwa semua label di Google Maps yang menyebut Palestina “telah dihapus atas desakan pemerintah Israel,” menambahkan bahwa “dua pendiri Yahudi Google memiliki hubungan dekat dengan Israel dan para pemimpinnya.”

Kemudian petisi online ‘Google: Put Palestine on your Maps!’ masih tetap aktif dan hingga kini sudah ditanda tangani lebih dari 800.000 pengguna.

Meskipun ada sebanyak 138 anggota PBB mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan independen, namun sebagian besar negara barat tidak mengakuinya.

Sebagai tempat asal Google dan Apple, Amerika Serikat adalah salah satu negara yang tidak mengakui keberadaan negara tersebut.

Hal ini telah menjadi masalah sejak 2011, hingga pernyataan untuk Google akhirnya dirilis pemimpin forum Jurnalis Palestina.

Respon perusahaan atas masalah tersebut yakni adanya bug pada sistem saat memberi label.

Jadi pihak mereka mengakui bahwa mereka tidak secara sengaja menghapus label negara tersebut, melainkan ada kesalahan sistem.

“Tidak pernah ada label ‘Palestina’ di Google Maps, namun kami menemukan bug yang menghapus label untuk ‘Tepi Barat’ dan ‘Jalur Gaza’,” terang juru bicara Google.

Mereka akan menaruh label-label tersebut kembali ke tempatnya. Meski begitu pernyataan warganet dianggap tidak sopan serta melecehkan nama baik perusahaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *