Wajib Pakai Masker, Covid 19 Lebih Mudah Tersebar Di Dalam Mobil

  • Whatsapp
Wajib Pakai Masker, Covid 19 Lebih Mudah Tersebar Di Dalam Mobil

Garisatu.com – Masker sudah menjadi aksesori wajib yang digunakan saat beraktivitas pada masa pandemi. Alat ini dianggap bisa menghalau penyebaran Covid-19, tak terkecuali saat berkendara dengan mobil.

Saat berada di luar rumah, pemandangan orang-orang mengenakan masker wajah bukan hal yang asing, bahkan banyak pula yang menggunakannya ketika sedang mengendarai mobil sendiri. Namun, apakah benar seseorang perlu memakai masker ketika sedang berada di ruang tertutup seperti kendaraan pribadi?

Tetap Pakai Masker Di Dalam Mobil

Wajib Pakai Masker, Covid 19 Lebih Mudah Tersebar Di Dalam Mobil

Dr Andi Khomeini, Chairman Junior Doctors Network Indonesia, mengatakan, masker bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 saat berada di dalam ruangan, termasuk di mobil.

Terlebih lagi jika Anda yang pernah mengemudikan mobil bersama orang lain, termasuk anggota keluarga atau teman dekat kita. Bukan tak mungkin ada droplet yang menempel di interior. “Droplet itu keluar saat kita berbicara, makanya bagian interior mobil yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sumber penularan virus,” ucap pria yang disapa Koko, dalam konferensi virtual belum lama ini.

Wajib Pakai Masker, Covid 19 Lebih Mudah Tersebar Di Dalam Mobil

Ada beberapa bagian interior mobil yang berpotensi menempelnya virus Covid-19 ini, seperti di setir, dashboard, perseneling, handle pintu, door trim, jok mobil, hingga karpet mobil. Jika sudah menempel akan ada kemungkinan penyeberan virus lewat AC mobil.

Untuk itu para pengendara wajib membersihkan interior mobil secara rutin, sebelum dan sesudahkan digunakan. Disarankan juga untuk menjaga sirkulasi udara tetap berputar. Misal dengan sesekali membuka jendela mobil. “Bukan berarti di dalam mobil aman tidak pakai masker. Bisa saja penularan dari droplet orang lain yang pernah ikut di mobil kita,” Ujar Dr Andi Khomeini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *