Pada 2021 Surat Izin Mengemudi Dari HP, Tinggal Keluarkan HP

  • Whatsapp
Pada 2021 Surat Izin Mengemudi Dari HP, Tinggal Keluarkan HP

Garisatu.com – Beberapa negara sudah sudah membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) digital. Tidak perlu mengeluarkan SIM fisik dari dompet saat petugas memeriksanya, pengendara tinggal menunjukkan SIM digital lewat ponsel (HP).

Penerapan Surat Izin Mengemudi Dipercepat di Korea Selatan

Pada 2021 Surat Izin Mengemudi Dari HP, Tinggal Keluarkan HP

Di negara-negara seperti Pakistan dan Turki sudah menerapkan SIM digital ini, begitu juga di Korea Selatan. Korea Selatan mempercepat penerapan SIM setahun lebih awal.

Bacaan Lainnya

Rencana percepatan jadwal itu dikarenakan pemerintah ingin memenuhi memenuhi permintaan layanan tanpa kontak setelah pandemi virus Corona (COVID-19) menerjang dunia.

Pada 2021 Surat Izin Mengemudi Dari HP Tinggal Keluarkan HP

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan berencana melauching sistem SIM itu pada 2022 sebagai bagian dari inisiatif digitalisasi yang luas. Namun di tengah meningkatnya permintaan layanan tanpa kontak pascapandemi COVID-19, pemerintah di sana mempercepat jadwal launching SIM digital hingga akhir tahun depan.

Surat izin mengemudi digital ini dikembangkan dengan kerjasama antara Badan Kepolisian Nasional Korea, Otoritas Lalu Lintas Jalan, dan tiga operator seluler negara itu–SK Telecom, KT dan LG Uplus–yang mengembangkan aplikasi PASS dan meluncurkannya pada tahun 2018.

Untuk mengakses SIM digital ini, pengguna hanya bisa menggunakan satu smartphone yang terdaftar atas nama mereka sendiri. Hal ini untuk menghindari pemalsuan SIM dan keaslian informasi pada SIM. Tiga operator selular dan Badan Polisi Nasional Korea telah menghubungkan server otentikasi identitas untuk menerapkan teknologi blockchain.

Untuk verifikasi identitas, aplikasi akan menunjukkan foto pengguna pada SIM-nya bersama dengan QR code dan barcode. Untuk mencegah pencurian atau penggunaan ilegal informasi identitas, kode-kode tersebut secara otomatis di-update.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *