Omnibus Law Untungkan Pekerja dan Dunia Usaha

  • Whatsapp
Omnibus Law Untungkan Pekerja dan Dunia Usaha

Garisatu.com – Omnibus Law diyakini mampu menguntungkan pengusaha dan pekerja. Hal ini dinyatakan oleh Omnibus law cipta kerja atau RUU Cipta Kerja yang telah disusun.

Law tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat meminta perizinan berusaha serta iklim berusaha yang kondusif, dan pengesahan RUU Cipta Kerja ini diharap kedepannya akan membuka lapangan kerja.

Draft RUU Ciptaker telah diserahkan kepada DPR oleh Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. RUU tersebut mengkombinasi 82 UU yang dibuat pemerintah agar dapat menaikkan pertumbuhan investasi serta memperluas lapangan kerja.

Bacaan Lainnya

Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si, mengucapkan bahwa banyak pasal dari RUU Cipta Kerja tersebut sebetulnya perlu pemahaman lebih dari masyarakat, salah satunya yaitu tentang ketenagakerjaan.

Ida pun menerangkan, baik aturan baru soal pesangon, jam kerja, upah minimum, maupun mekanisme pekerja kontrak dalam RUU Cipta Kerja, semuanya murni dibuat dengan tujuan meningkatkan kualitas pekerja Indonesia demi mempertinggi pertumbuhan investasi.

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Rosan Roeslani menjelaskan bahwa RUU Cipta kerja diajukan agar dapat mengatasi berbagai permasalahan ekonomi dan bisnis, terutama masalah dimana efektivitas investasi yang masih rendah, yang dikarenakan masih banyak regulasi yang tumpang tindih.

RUU Cipta Kerja juga diharapkan bisa menurunkan tingkat pengangguran, angkatan kerja baru dan jumlah penduduk yang tidak bekerja. Sekarang angka UMKM termasuk tinggi, tetapi produktivitasnya masih rendah.

Rosan menjelaskan, RUU Cipta Kerja ini diperlukan agar dapat simplifikasi dan harmonisasi sistem regulasi dan perizinan, meningkatkan kualitas investasi, penciptaan lapangan kerja, kesejahteraan pekerja yang berkelanjutan dan memaksimalkan daya UMKM.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *