Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

  • Whatsapp
Olahraga Kardio Sederhana Dirumah
Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Garisatu.com – Dirumah saja membuatmu malas beraktifitas dan kerap berada diatas tempat tidur seharian? Jangan biarkan hal itu terus berkelanjutan.

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Meskipun dirumah saja, kita harus tetap beraktifitas ataubolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kota. Seharian berada di tempat tidur hanya akan membuat rasa malas kita semakin besar.

Bacaan Lainnya

Lebih baik, siapkan perlengkapan olahragamu dan mulai lakukan olahraga untuk menjaga tubuh tetap fit. Berikut ini ada beberapa olahraga kardio yang dapat kamu lakukan dirumah.

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Latihan kardio tidak selalu lari atau bersepeda, kita juga bisa melakukan gerakan kardio lainnya yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

1. Skipping / lompat tali 

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Lompat tali merupakan salah satu latihan kardio yang sangat baik dalam membakar kalori. Lompat tali mampu membakar sekitar 220 kalori dalam 20 menit. Kamu hanya perlu menyiapkan tali dan bisa melakukannya di mana saja.

Namun, lompat tali adalah latihan high impact. Meski terlihat mudah, kamu mungkin perlu melakukan beberapa kali latihan untuk dapat melakukan lompatan yang baik karena bagi pemula, kemungkinan tersandung akan lebih besar. Untuk mendapatkan hasil terbaik, putar tali dengan pergelangan tangan, bukan dengan lengan, dan mendarat dengan lembut.

2. Jumping jacks

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Jumping jacks juga merupakan olahraga mudah yang dapat membakar sekitar 100 kalori selama 10 menit dan tidak memerlukan perlengkapan atau skill apapun.

Namun, latihan ini juga merupakan latihan high impact, yang mungkin akan membebani bagian sendi. Jangan lupa untuk kenakan sepatu yang nyaman dan kondisi jantungmu dalam keadaan sehat.

Kamu bisa melakukan banyak variasi dalam latihan jumping jacks. Seperti dengan melakukannya selama 30-60 detik lalu kemudian menggabungkannya dengan latihan kardio lain, seperti jogging atau lompat tali atau dengan latihan kekuatan, seperti squat, lunges atau push up selama 10-30 menit.

3. Jogging ditempat 

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Jogging tidak harus selalu kamu lakukan dengan berlari dioutdoor. Meski terdengar sederhana, jogging di tempat cukup untuk meningkatkan denyut jantung dan dapat menjadi latihan pemanasan yang baik.

Namun, kamu mungkin akan merasa bosan karena jogging di tempat tidak seperti jogging di outdoor. Maka dari itu, kamu bisa menggabungkan beberapa olahraga misalnya jogging dengan lompat tali atau latihan kekuatan selama 10-30 menit.

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

4. Burpees

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Burpees adalah olahraga kardio yang sangat baik dan bisa membantu membakar 100 kalori atau lebih dalam 10 menit, jika kamu sanggup. Ya, karena burpees termasuk salah satu latihan yang cukup menguras tenaga. 

Ini adalah olahraga yang sangat berat, terlebih jika kamu mencoba variasi. Oleh karena itu, jika kamu pemula cobalah untuk melakukan gerakannya dengan benar terlebih dahulu dan lakukan sebanyak yang kamu mampu. Kemudian dengan perlahan menambah durasi atau variasi olahraga.

5. Mountain climber 

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Latihan yang satu ini mampu meningkatkan denyut jantung sekaligus meningkatkan kekuatan dan ketahanan di otot inti. 

Kamu tidak harus memerlukan skill khusus untuk bisa melakukannya karena mountain climber merupakan latihan yang mudah dilakukan.

Kamu bisa melakukannya selama 30-60 detik lalu istirahat sejenak dan mengulanginya sebanyak yang kamu mampu. Kamu juga bisa menggabungkannya dengan latihan kekuatan, seperti push up atau plank dan lakukan secara bergantian. 

6. Squat jump 

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Apabila kamu terbiasa melakukan squat, squat jump akan terasa sedikit lebih ringan untukmu. Namun untuk kamu yang memiliki sendi, terutama lutut yang lemah, sebaiknya berhati hati dalam latihan ini.

Lakukan squat jump selama 30-60 detik, lalu gabungkan dengan latihan kardio lain, seperti jogging atau lompat tali. Kamu juga bisa menggabungkannya dengan latihan kekuatan tubuh bagian bawah, seperti squat, lunges atau deadlift untuk meningkatkan intensitas dan kekuatan.

7. Naik turun tangga 

Olahraga Kardio Sederhana Dirumah

Ini merupakan latihan yang sangat mudah karena kita melakukannya hampir setiap hari. Kamu hanya perlu meningkatkan intensitas mu saja. Jika kamu memiliki tangga yang lebih jauh (lebih dari enam anak tangga), kamu bisa mencoba naik-turun tangga sebanyak satu atau dua lap, kemudian melakukan kardio lain, seperti lompat tali atau jogging di tempat.

Apabila kamu melakukan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT), kamu bisa naik tangga secepat yang kamu bisa, lalu turun tangga untuk pemulihan, dan mengulanginya. Lakukan gerakan tersebut selama 10 menit atau selama yang kamu mampu.

Itu lah beberapa jenis olahraga kardio yang bisa kamu coba dirumah. Apabila kardio terlalu berat untukmu, kamu dapat mencoba jenis olahraga lain yang lebih ringan sesuai dengan kemampuanmu. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *