Olahraga Dengan Jalan Kaki Saja Sudah Bisa Memberikan 10 Manfaat Ini

  • Whatsapp
Olahraga Dengan Jalan Kaki Saja Sudah Bisa Memberikan 10 Manfaat Ini
Olahraga Dengan Jalan Kaki Saja Sudah Bisa Memberikan 10 Manfaat Ini

Garisatu.com – Menjalani gaya hidup sehat tidak mudah untuk diterapkan. Karena selain harus menjaga pola makan yang sehat saja, kita juga harus menargetkan untuk berolahraga dengan jalan kaki supaya badan lebih bugar. Olahraga mungkin akan menjadi bagian tersulit karena kita harus melawan rasa malas saat hendak berolahraga. Sehingga pada akhirnya kita pun berujung bermalas malasan dan melupakan olahraga.

Namun kamu sebenarnya bisa ‘berolahraga’ tanpa harus mengatur jam khusus dan tanpa kecapekan lho.

Bacaan Lainnya

Kegiatan sederhana yang kita lakukan sehari hari seperti berjalan kaki 15 hingga 30 menit saja sudah bisa memberikan banyak manfaat yang bahkan tidak terduga.

Jalan kaki termasuk olahraga yang ringan, mudah, menyenangkan, tidak membutuhkan biaya dan tanpa membuat kamu kelelahan layaknya olahraga angkat beban.

Selama kamu memiliki niat dan meluangkan waktu sejenak, berjalan kaki bisa terasa menyenangkan sambil merefresh pikiran kamu.

Berikut ini manfaat berjalan kaki setiap hari yang bisa kita dapatkan.

1.         Perubahan positif pada otak

Brain: Function and Anatomy of Parts, Diagram, Conditions, Health Tips

Menurut sebuah studi yang diulas oleh The New York Times, olahraga aerobic low impact seperti misalnya berjalan kaki bisa mencegah terjadinya demensia dini, mengurangi resiko Alzheimer, dan bisa meningkatkan Kesehatan mental secara keseluruhan.

Di sisi lain, berjalan kaki juga bisa membantu mengurangi stress mental dan menjaga kadar endorphin (hormone Bahagia) didalam tubuh.

2.         Meningkatkan kemampuan penglihatan

What Are Your Eyes Telling You? – Eye Care, Eyewear, Vision Health

Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari bahwa aktivitas berjalan kaki atau aktivitas yang banyak melibatkan bagian kaki juga bisa bermanfaat bagi Kesehatan mata.

Berdasarkan situs glaucoma.org, program olahraga moderat rutin seperti jogging atau lari tiga kali seminggu atau lebih tidak hanya bermanfaat terhadap kesehatan kita secara keseluruhan saja, namun juga menurunkan efek tekanan intraocular (TIO) sehingga bisa membantu kita melawan glaucoma.

3.         Mencegah penyakit jantung

Anatomy of a Human Heart

Menurut asosiasi jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya dengan lari dalam hal mencegah penyakit terkait jantung atau stroke. Aktivitas jalan kaki bisa membantu mencegah masalah jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol, hingga memperlancar sirkulasi darah.

4.         Meningkatkan volume paru paru

Damaged human lungs revived for transplant by connecting them to a pig |  New Scientist

Jalan kaki termasuk olahraga aerobic yang bisa meningkatkan aliran oksigen pada aliran darah dan membantu melatih paru paru, dan juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Ini kemudian membantu pernafasan kita menjadi lebih baik dan lebih dalam, sehingga mengurangi beberapa gejala terakit masalah atau penyakit paru paru.

5.         Bermanfaat untuk pankreas

Can Pancreatic Patients Have A Pancreas Transplant?

Dengan Jalan kaki akan leboih efektif dalam mencegah diabetes dibandingkan dengan berlari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Springer menunjukkan bahwa kelompok pejalan kaki yang menjadi partisipan menunjukkan peningkatan toleransi glukosa hampir enam kali lebih besar dibandingkan dengan kelompok pelari selama periode percobaan enam bulan.

Adapun toleransi glukosa yang dimaksud ialah seberapa baik gula darah dapat diserap oleh sel.

Olahraga Dengan Jalan Kaki Saja Sudah Bisa Memberikan 10 Manfaat Ini

6.         Memperlancar pencernaan

What Do Intestines Do for the Body? | UPMC HealthBeat

Dengan jalan kaki sekitar 30 menit perhari tidak hanya bisa menurunkan resiko kanker kolon pada masa depan namun juga bisa memperlancar pencernaan dan mengatasi konstipasi dengan membantu meregulasi buang air besar.

7.         Membentuk otot

How I Gained 30 Pounds Lean Despite Only Training 3 Days a Week (Or a Guide  to Recovery) | by Keenan Eriksson | Better Humans | Medium

Pada kasus orang yang memiliki berat badna berlebih, bisa menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot dengan jalan kaki.

Karena termasuk kedalam olahraga low impact, ini berarti tidak memerlukan waktu pemulihan dan orang yang melakukannya tidak akan merasa sakit otot pada keesokan harinya setelah melakukan aktifitas ini.

8.         Menguatkan tulang dan sendi

Let's learn about bones | Science News for Students

Dengan jalan kaki bisa meningkatkan mobilitas sendi, mencegah hilangnya massa tulang dan bahkan mengurangi resiko patah tulang. Arthritis Foundation merekomendasikan untuk dengan jalan kaki minimal 30 menit sehari secara rutin untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, termasuk kekakuan dan juga pembengkakan.

9.         Meredakan sakit punggung

5 Common Spine Conditions That Cause Back or Neck Pain

Jika kamu mengalami sakit punggung akibat olahraga high impact, kamu bisa mengatasinya dengan jalan kaki. Berjalan berkontribusi terhadap sirkulasi darah yang lebih baik di dalam struktur tulang belakang serta membantu kita memperbaiki postur dan kelenturan yang penting untuk tulang belakang yang sehat.

10.       Menenangkan pikiran

21 Easy Ways to Create a Calm Mind (Without Meditating)

Jalan kaki bahkan bisa meringankan gejala depresi pada pasien dengan gangguan depresi berat. Oleh karena itu, bisa dibayangkan manfaatnya terhadap seseorang yang sejak awal tidak memiliki masalah dengan depresi, bukan?

Selain bisa membantu menenangkan pikiran, jalan kaki akan lebih berdampak positif terhadap suasana hati jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

Jika terbebani dengan ide jalan kaki 30 menit setiap harinya, manfaat positif juga tetap akan kita dapatkan sekalipun hanya berjalan kaki 10 menit setiap harinya.

Menurut Mind Body Green, jalan kaki 10 menit di sekitar lingkungan rumah bisa cukup membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres yang dialami sebelumnya.

Jika merasa 10 menit adalah waktu yang sangat sebentar, bayangkan betapa bermanfaatnya 10 menitmu itu jika digunakan untuk jalan kaki daripada untuk duduk-duduk di sofa dan menonton televisi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *