New Normal: Persiapan Gelombang Kedua COVID-19

  • Whatsapp
New Normal: Persiapan Gelombang Kedua COVID-19

Garisatu.com – New normal, fase kehidupan baru yang diterapkan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Hampir semua sektor bisnis, tempat hiburan, transportasi umum di Jakarta telah beroperasi kembali pada tanggal 8 Juni 2020.

Penyesuaian ini tercatat dalam Kepgub DKI Jakarta nomor 563 tahun 2020 yang membahas tentang Pemberlakuan Tahapan dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Bacaan Lainnya

Pada masa transisi new normal ini, masyarakat diharapkan untuk menaati dan mematuhi peraturan kebersihan dan kesehatan yang telah dihimbau kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar tercegah dari Covid-19.

Diketahui pula pada saat saat kritis pandemi ini, banyak masyarakat yang masih acuh tak acuh dengan peraturan penerapan kesehatan dan kebersihan.

Diharapkan kedepannya kewaspadaan dan empati masyarakat dalam menjaga kebersihan diri dan sesama dapat ditingkatkan lagi.

Fasilitas perkantoran telah beroperasi kembali dengan maksimal karyawan dan kustomer hanya boleh sebanyak 50 persen dari biasanya.

Industri bisnis lainnya seperti pabrik, industri, pergudangan, restoran atau rumah makan, perbengkelan, printing, servis lainnya juga mengikuti peraturan yang sama yaitu maksimal 50 persen dari biasanya.

Peraturan ini tercatat dalam Kepgub 563 tahun 2020 yang menegaskan bahwa maksimal pemilik usaha, pekerja, pengunjung hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas harian.

PSBB DKI Jakarta diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta hingga akhir bulan Juni 2020. Dalam PSBB transisi new normal ini, masyarakat diharapkan mampu beradaptasi dalam kegiatannya.

Jikalau korban kasus Corona meningkat lagi akibat masa transisi new normal, maka Pemprov DKI Jakarta akan langsung menghentikan PSBB transisi. Hal tersebut tercatat dalam Pergub DKI Jakarta No 51 tahun 2020 yang menjelaskan tentang Pelaksanaan PSBB Transisi Ayat 1 Pasa 27.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *