Nafsu Makan Tinggi? Cara Ini Bisa Kurangi Nafsu Makan

  • Whatsapp
Nafsu Makan Tinggi? Cara Ini Bisa Kurangi Nafsu Makan
Nafsu Makan Tinggi? Cara Ini Bisa Kurangi Nafsu Makan

Garisatu.com – Disaat kita makan terlalu banyak, akan banyak resiko kesehatan yang ikut mengintai, salah satunya yakni obsesitas. Sedangkan obesitas sendiri, bisa meningkatkan potensiseseorang mengidap berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.

Sayangnya sebagian orang merasa kesulitan dalam menjaga porsi makan, karena sebagian orang memang memiliki nafsu makan yang cenderung tinggi. Terutama jika kita memiliki hobi menyemil. Ini akan semakin meningkatkan resiko kegemukan atau obesitas.

Bacaan Lainnya
Image result for big appetite

Kamu pun pasti akan merasa malas untuk berdiet ketat guna menurunkan berat badan. Tenang saja, karena kamu bisa memulai dengan perlahan dan ada beberapa cara yang sebenarnya bisa diterapkan untuk membantu menekan nafsu makan kamu.

Mau tahu apa saja? Simak dibawah ini yuk.

1.         Memperbanyak konsumsi protein

Seperti yang dilansir dari healthline, memasukkan lebih banyak protein dalam porsi makanan anda bisa membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga akan membuat anda makan lebih sedikit saat waktu makan berikutnya, dan juga bisa membantu anda menghilangkan lemak di tubuh.

Image result for big appetite

Seperti sebuah studi dalam penurunan berat badan yang membandingkan dua sarapan yang identic dengan kalori, satu terdiri dari telur dan yang lainnya terdiri dari roti bagel.

Penelitian menunjukkan partisipan yang sarapan telur kehilangan 65 persen lebih banyak berat badan dan 16 persen lebih banyak lemak tubuh selama periode delapan minggu.

Selain itu, asupan protein juga bisa membantu mencegah hilangnya massa otot saat kalori harian dikurangi untuk menurunkan berat badan.

2.         Makan makanan dengan serat tinggi

Mengapa orang yang berdiet dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak serat? Sebab serat berperan dalam memperlambat laju pengosongan lambung dan mempengaruhi pelepasan hormone yang membuat kenyang. Selain itu, serat juga bisa berfermentasi di usus besar.

Reaksi ini kemudian menghasilkan asam lemak rantai pendek yang diperkirakan dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang.

Image result for big appetite

Menambahkan kacang kaya serat, kacang polong, buncis, dan lentil ke dalam makanan bisa meningkatkan perasaan kenyang hingga 31 persen, dibandingkan dengan makanan sejenis yang tidak berbahan dasar kacang. Biji-bijian kaya serat juga dapat membantu mengurangi rasa lapar.

3.         Memiliki kalori padat

Image result for big appetite

Kalori padat dan kalori cair bisa memengaruhi nafsu makan secara berbeda. Sebuah ulasan baru-baru ini menemukan bahwa dibandingkan dengan camilan padat, orang yang makan camilan cair 38 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengimbangi dengan makan lebih sedikit pada waktu makan berikutnya.

Sedangkan dalam studi lain, partisipan yang diberi makan camilan semi padat melaporkan lebih sedikit rasa lapar, keinginan untuk makan yang lebih rendah, dan sensasi kenyang yang lebih besar daripada mereka yang diberi makanan ringan cair.

Makanan padat membutuhkan lebih banyak mengunyah, yang dapat memberi lebih banyak waktu untuk sinyal kenyang untuk mencapai otak.

Nafsu Makan Tinggi? Cara Ini Bisa Kurangi Nafsu Makan

4.         Minum kopi

Image result for drink coffee

Minum kopi bisa membantu menurunkan nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY).

Yang dimana hormone ini diproduksi diusus sebagai respons terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Para ilmuwan percaya bahwa tingkat PYY memegang peranan penting dalam menentukan seberapa banyak Anda cenderung makan.

Menariknya, kopi tanpa kafein bisa menghasilkan pengurangan rasa lapar tertinggi, dengan efek yang bertahan hingga tiga jam setelah dikonsumsi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan bagaimana ini bekerja.

5.         Minum sebelum makan

Bagi sebagian orang cenderung sulit menerapkan system yang satu ini. Padahal jika anda bisa berkomitmen, anda mungkin bisa melihat perbedaannya selang beberapa waktu.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum dua gelas air segera sebelum makan makan 22 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum air sama sekali.

Para ilmuwan percaya bahwa sekitar 500 ml air sudah cukup untuk meregangkan perut untuk mengirim sinyal kenyang ke otak.

6.         Makan dengan pelan

Image result for eating

Jika berada dalam kondisi normal, maka otak kita bisa tahu apakah kita sedang lapar atau kenyang.

Namun jika kita makan dengan terburu buru atau cepat, ini bisa membuat otak kita mejadi lebih sulit untuk mengenali sinyal sinyal ini.

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan makan perlahan. Makan perlahan bisa membuat kita lebih menikmati makanan kita, dan membantu menjaga fokus pada kualitas daripada kuantitas, sehingga bisa membantu mengurangi perilaku makan berlebihan.

7.         Makan cokelat hitam

Image result for dark choco

Rasa pahit pada cokelat hitam dianggap bisa membantu menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan akan makanan manis.

Para peneliti juga percaya bahwa asam stearat dalam cokelat hitam bisa membantu memperlambat pencernaan, yang selanjutnya meningkatkan perasaan kenyang.

Menariknya, tindakan sederhana dengan mencium camilan ini dapat menghasilkan efek yang sama.

Sebuah studi mengamati bahwa hanya mencium 85 persen cokelat hitam mampu menurunkan nafsu makan dan hormon kelaparan sama seperti benar-benar memakannya.

Tetapi maish diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek cokelat hitam terhadap perasaan kenyang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *