#1 Nadia Tanza: Usaha Rumahan Harus Service Pakai H.A.T.I

  • Whatsapp
Nadia Tanza: Usaha Rumahan Harus Service Pakai H.A.T.I

Garisatu.com – Menggeluti usaha rumahan menurut Nadia Tanza seorang Master Training, tidak ubahnya menjalani usaha dalam skala besar.

Penjual tetap dituntut untuk memberikan pelayanan atau service dengan sebaik mungkin. Faktor service dalam membangun usaha termasuk bisnis skala kecil seperti usaha rumahan merupakan salah satu kunci sukses.

Oleh karena itu Nadia membagi tips bagaimana menguasai keterampilan service berbintang, yakni dengan menggunakan “H.A.T.I”.

Bagaimana caranya?

Dalam kesempatan menjadi narasumber pada Webinar dengan tema “Usaha Rumahan Service Berbintang” yang diselenggarakan Pengurus Pusat HIPWI FKPPI, Kamis (18/60 lalu Nadia menguraikan istilah H.A.T.I tersebut.

H.A.T.I yang dimaksud di sini, ialah menjalin HUBUNGAN emosional dengan pelanggan.

Aspek ini penting agar kita memiliki banyak pelanggan yang loyal terhadap produk dan pelayanan yang kita berikan.

865a9697 6c36 4288 99e5 35046a7559bc

Selanjutnya perempuan yang akrab disapa Adis itu mengungkap bahwa dalam berkomunikasi dengan pembeli atau pelanggan hendaknya meng-ARAHKAN respon sesuai situasi pembeli.

Masih terkait cara berkomunikasi dengan pelanggan diupayakan senantiasa memilih atau menggunakan TUTUR kata yang positif dalam bahasa layanan.

Selanjutnya ‘star service skill” yang perlu dimiliki dan dikembangkan adalah dengan INGAT untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan secara positif, misalnya ketika kita tidak bisa memenuhi order dari pelanggan.

Menanggapi tips and triks dari Adis, Aki Omen, salah satu peserta Webinar mengaku sependapat dengan hal itu.

Bukan tanpa alasan rupanya. Aki Omen mengungkap pengalamannya yang baru saja memulai bisnis rumahan di saat virus Corona mewabah. Pria berusia lebih 60 tahun itu justeru menyikapi situasi pandemi ini dengan sangat produktif.

Bermula dari hobby memasak-nya ia pun mulai mempromosikan menu-menu andalan di kalangan kerabat dan kolega.

Selain cara promosi yang unik melalui media sosial, pengaturan jadwal dan kemampuan produksi yang apik dengan menerapkan protokol kesehatan demi menjaga produknya tetap higienis (bagian dari service), mampu menjawab keinginan pelanggan.

Teristimewa dalam kondisi yang menuntut kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Sedangkan peserta lain, yakni Bung Sammi yang merupakan Ketua PD FKPPI Papua Barat mengatakan ia akan menerapkan kisi-kisi berusaha dari rumah seperti yang dipaparkan Adis.

Sammi pun mengevaluasi bisnis merchandise yang tengah digelutinya. Tak lupa Sammi mengapresiasi kegiatan webinar dan materi yang sangat aplikatif dari Nadia Tanza selaku narasumber.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *