MUI Dan DMI DKI: Sholat Idul Fitri Dalam Rumah, Cegah COVID-19!

  • Whatsapp
MUI Dan DMI DKI: Sholat Idul Fitri Dalam Rumah, Cegah COVID-19!

Garisatu.com – Demi menghentikan serta memutuskan mata rantai penularan wabah COVID-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta mengimbau para masyarakat untuk sholat Idul Fitri di rumah.

Ketentuan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19, MUI Kota Banjar ...

Bacaan Lainnya

Tertulis di surat bersama dari MUI dan DMI DKI Jakarta

Meski begitu, dalam surat bersama untuk mengingatkan masyarakat membatasi takbiran dan Sholat Idul Fitri saat Idul Fitri 1441 Hijriah, takbiran di masjid dan musala tidak dilarang.

Hal tersebut ditandatangani Ketua Umum MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar dan Ketua Pimpinan Wilayah DMI DKI Jakarta Ma’mun Al Ayyubi.

Maksud dari pembatasan takbiran dan Sholat Idul Fitri yakni melakukannya di rumah saja demi menghindari kerumumanan massa untuk mencegah paparan corona.

6 Langkah Sanitasi Siaga Cegah Virus Corona, Imbauan PP Dewan ...

“Takbiran agar dilaksanakan di masjid/mushala dengan menggunakan pengeras suara dan tidak melaksanakan takbir keliling,” tulis surat tersebut, dan diterima di Jakarta pada Minggu (17/5/2020).

“Shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan berjamaah di masjid atau di lapangan, agar dilakukan bersama keluarga di rumah,” lanjut tulisan surat tersebut.

Terakhir, tertulis di surat bahwa seluruh pribadi dan pengurus masjid atau mushala diminta untuk tetap mematuhi setiap peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

black and beige book

Hal tersebut juga ada di Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 6 Tahun 2020 tertanggal 6 April 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi wabah COVID-19.

Ada juga di Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2020 tanggal 30 April 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran Pelaksanaan PSBB dalam penanganan COVID-19 di DKI Jakarta.

Menuruti peraturan pemerintah pun terdapat di Fatwa MUI Pusat Nomor 28 Tahun 220 tanggal 13 Mei 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat pandemi COVID-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *