The Fact! Muhyiddin Yasin, PM Malaysia Keturunan Bugis-Jawa

  • Whatsapp
The Fact Muhyiddin Yasin PM Malaysia Keturunan Bugis Jawa
https://asiatimes.com

Garisatu.com – Tan Sri Muhyiddin Mohd Yassin resmi ditunjuk sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia oleh Raja Diraja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, Sabtu (29/2/2020). Raja Malaysia menilai Muhyiddin merupakan sosok pemimpin yang pantas memimpin Malaysia saat ini.

Penunjukkan Muhyiddin sebagai PM, sebagaimana diketahui untuk mengisi kursi PM yang ditinggalkan Mahathir Mohammad yang mundur awal pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Saat ini Muhyiddin yang juga masih menjabat Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu). Siapa menyangka jika PM Malaysia baru itu rupanya mempunyai darah Bugis-Jawa.

Benarkah demikian? Pria kelahiran Muar, 15 Mei 1947 ini dikabarkan memiliki keturuna Bugis dari ayahnya, Muhammad Yasin. Sedangkan ibunya, yaitu Khadijah menurut beberapa sumber disebut-sebut berasal dari suku Jawa.

Muhyiddin mengawali pendidikannya di Sekolah Kebangsaan Maharani serta Sekolah Kebangsaan Ismail di Muar. Beranjak dewasa, ia kemudian melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di University

Muhyiddin mendapat pendidikan awal di Sekolah Kebangsaan Maharani dan Sekolah Kebangsaan Ismail di Muar. Kemudian, ia melanjutkan kuliah ke Universitas Malaya. Setelah menempuh pendidikan tinggi di sini, Muhyiddin lulus dengan gelar sarjana di bidang ekonomi dan studi melayu pada tahun 1971.

Riwayat karir, Muhyiddin diantaranya pernah menjabat menjadi Menteri Kepala Bagian Selatan di Johor pada 1986 hingga 1995. Jabatan tersebut diraihnya saat masih bergabung dengan Partai Organisasi Persatuan Bangsa Melayu (Umno).

Pada periode 2009 – 2015 Muhyiddin ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri, namun diberhentikan dari jabatannya pada Juli 2015. Pemberhentian tersebut lantaran ia lantang menyuarakan kritik terhadap skandal 1 MDB yang menjerat PM Najib Razak.

Setelah tak lagi berada di pemerintahan, bersama Mahathir dirinya membentuk Partai Bersatu sebelum pemilihan umum 2018. Seiring dengan kemenangan Mahathir, Muhyiddin turut dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri pada 21 Mei 2018.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *