Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

  • Whatsapp
Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga
Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Garisatu.com – Rasa Lelah, capek, dan haus setelah berolahraga biasanya akan membuat anda segera mencari minuman dingin atau minuman perasa untuk melepas dahaga. Apalagi jika setelah kamu melakukan olahraga yang sangat berat seperti angkat beban, jogging jarak jauh, bermain basket atau sepak bola. Tentunya secara tidak langsung otak anda akan mengarahkan pada minuman dingin manis yang menyegarkan.

Tetapi sebenarnya minuman minuman seperti itu tidak baik bagi Kesehatan dan justru bisa memberikan efek yang tidak baik bagi Kesehatan kita.

Bacaan Lainnya

Saat berolahraga, tubuh kita sudah menggunakan banyak gula serta kehilangan elektrolit. Karena itu, setelah berolahraga kita dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang dapat mengembalikan elektrolit tubuh serta kadar gula darah kembali ke jumlah yang normal.

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Akan lebih baik lagi jika minuman yang kita konsumsi bisa membantu mengurangi kerusakan otot selama berolahraga. Proses ini disebut sebagai recovery atau pemulihan.

Proses recovery merupakan proses yang sangat penting jika anda menginginkan tubuh yang tetap bugar, bisa beraktifitas normal, serta berolahraga secara optimal tanpa takut mengalami cedera. Berikut minuman minuman yang direkomendasikan saat setelah kamu selesai berolahraga.

1.         Air kelapa

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa juga mengandung kalium. kalium merupakan zat elektrolit penting yang hilang dalam keringat, zat ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyimpan karbohidrat sebagai energi.

Bahkan menurut studi yang sama, kandungan kalium didalam air kelapa lima kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman olahraga pada umumnya. Hal ini menjadikan air kelapa sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

2.         Jus jeruk dan semangka

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Jus buah buahan merupakan minuman yang sangat baik untuk menggantikan vitamin dan mineral yang hilang pada saat berolahraga, salah satunya ialah jus jeruk. Buah yang tinggi akan vitamin c ini juga bisa menjadi opsi setelah berolahraga.

Kandungan gula alami pada jus jeruk, yang berasal dari buah jeruk asli dan bukan sirup ataupun konsentrat, cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh saat berolahraga.

Jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan kalium, tetapi yang membedakannya dengan minuman lain ialah kandungan vitamin c di dalam jus jeruk ini bisa menjadi antioksidan yang kuat dan baik bagi Kesehatan. 

Semangka merupakan buah yang sangat kaya akan kadnungan air. Dalam satu cangkir jus semangka terdapat 6 persen dari nilai harian kebutuhan kalium, magnesium, dan elektrolit lain seperti kalsium dan fosfor. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin dan antioksidan dari jus semangka.

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

3.         Susu cokelat

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Mungkin tidak akan terlintas dibenak anda untuk mengonsumsi susu cokelat setelah anda melakukan olahraga intens. Pasalnya, susu cokelat sebenarnya sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban atau atlit atlit lainnya. Rasanya yang enak dengan tekstur creamy ini juga sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Susu cokelat akan memberikan tubuh anda asupan protein, kalsium, serta karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk proses pemulihan dan perkembangan otot, terutama sesaat setelah berolahraga.

Ada satu tips dalam mengonsumsi susu coklat, yakni kamu bisa menambahkan satu buah pisang dan memblendernya. Dengan begitu, susu coklat anda akan semakin diperkaya oleh vitamin dan juga elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh.

4.         Yoghurt

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Mengonsumsi yoghurt setelah berolahraga juga bisa menjadi opsi yang baik. Anda bisa memilih yoghurt dalam bentuk cair supaya lebih praktis, namun tidak ada salahnya juga mengonsumsi yoghurt yang kental. Yoghurt bisa memberikan sejumlah protein yang penting bagi proses pemulihan tubuh.

Anda juga bisa menambahkan buah buahan ke dalam yoghurt seperti pisang, stoberi, blueberry untuk menambah cita rasa. Dengan mengonumsi yoghurt, anda bisa mendapatkan asupan elektrolit dan juga antioksidan.

5.         Infused water

Minuman Yang Cocok Diminum Setelah Berolahraga

Air masih menduduki peringkat nomor 1 sebagai minuman yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi dalam setiap waktu. Jika bosan dengan rasa air yang tawar, kamu bisa membuat infused water dirumah.

Caranya dengan mencampurkan air dengan buah buahan seperti lemon, stoberi, atau blueberry. Infused water bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghidrasi tubuh. apalgi, infused water juga termasuk minuman rendah kalori.

Itu merupakan rekomendasi minuman yang cocok untuk kamu konsumsi setelah berolahraga. Sebaiknya hindari minuman manis sebab jika dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi tubuhmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *