Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

  • Whatsapp
Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya
Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Garisatu.com – Apakah anda termasuk seseorang yang peminum kopi ? Sebagian orang sudah berkegantungan dengan segelas kopi perhari. Rasanya hari tidak cerah dan mereka tidak bisa bekerja dengan baik tanpa secangkir kopi di pagi hari. Baik untuk peminum kopi atau tidak, kopi memang sednag menjadi tren yang terbilang amat populer. Kamu bisa dengan mudah menemukan coffee shop atau kedai kopi dimana pun kamu melangkah.

Orang orang sudah menjadikan aktifitas ngopi atau minum kopi sebagai pilihan yang populer.

Bacaan Lainnya

Beredarnya banyak coffee shop dipasaran pun membuat kita bisa membandingkan kopi manakah yang lebih kita sukai.

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Apakah lebih menyukai kopi hitam, kopi susu, atau kopi dengan krim atau kopi gula aren yang sepertinya menjadi primadona di dalam dunia perkopian.

Sebetulnya, apakah sering mengomsumsi kopi bisa membawa dampak negative bagi kesehatan kita?

Apakah kopi bisa membuat seseorang menjadi gemuk? Pertanyaan pertanyaan seperti ini mungkin akan terbesit di otak kita.

Jawabannya ialah, kopi tidak akan mmebawa dampak negative jika kita mengonsumsinya dalam batas normal dan juga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Malah, kopi dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan kita.

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Tetapi efek lain yang umum diketahui ialah kopi bisa membuat kita lebih sulit tidur, secara tidka langsung dengan kita bergadang, berat badan akan cenderung mudah naik.

Selain mengganggu tidur, ada pula kebiasaan ngopi yang malah bisa membuat kamu gemuk jika tidak diperhatikan.

Simak penjelasan di bawah ini!

1.         Mengandung banyak sirup dan pemanis tambahan

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Kopi yang dipercaya bisa menurunkan berat badan ialah kopi hitam yang tanpa bahan bahan tambahan, termasuk gula, karena kopi hitam cenderung sangat rendah kalori.

Akan tetapi banyak kedai kopi yang menjual menu menu kopi yang sudah di variasikan dengan mencampurkan berbagai sirup dan memiliki kandungan gula yang tinggi.

Tanpa sadari jika mengonsumsinya terlalu sering, ini bisa memicu kenaikan berat badan.

Kementerian Kesehatan menganjurkan pembatasan asupan gula harian adalah 10 persen dari total energi, atau setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram per harinya.

Jangan lupa, asupan gula itu untuk semua asupan makanan dan minuman kita dalam sehari, lho. Bukan hanya untuk kopi saja.

2.         Terlalu banyak susu

Salah satu jenis kopi yang populer di kedai kopi ialah kopi klasik atau kopi susu. Untuk versi kedai kopi menengah keatas, pilihan kopi dengan susu seperti latte, cappuccino, hingga flat white juga menjadi beberapa pilihan favorit.

Susu pada dasarnya sudah memiliki kalori, jika ditambahkan dengan kopi dan juga diberi tambahan gula, maka terbayang bukan berapa kali lipat jumlah kalorinya dibandingkan dengan segelas kopi hitam saja?

Jika kamu ingin menikmati kopi susu sebetulnya kamu bisa menggunakan variasi susu yang rendah kalori seperti susu skim, namun tentu saja ini akan mempengaruhi rasa pada kopi.

3.         Menjadikannya sebagai makanan utama

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Perlu diingat bahwa kopi tidak bisa menggantikan air putih dan bukan bagian dari makanan utama atau makanan pokok kita.

Kamu berfikir dengan menggantu makan siangmu dengan secangkir frappucino mungkin akan baik baik saja, sebab memang frappucino memiliki jumlah kalori yang setara dengan makanan.

Akan tetapi, dengan mengonsumsi frappucino saja tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Meski kekenyangan setelah menghabiskan segelas frappuccino, kamu mungkin masih akan kelaparan beberapa saat kemudian karena adanya lonjakan gula darah.

Semua faktor tadi juga dapat memicu makan berlebih yang berujung pada kegemukan.

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

4.         Menambahkan whipped cream

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Whipped cream juga cukup banyak digunakan di kedai kopi sebagai topping untuk menambah cita rasa.

Akan tetapi whipped cream tinggi akan kandungan gula dan kalori meskipun tidak membuat kita kenyang sata meminumnya.

Selain itum whipped cream juga tidak memiliki nilai gizi. Mengonsumsi minuman dengan whipped cream juga memungkinkanmu lebih ingin ngemil, yang pada akhirnya kembali akan menyumbang kalori tambahan.

5.         Mengonsumsi kopi botolan

Kopi kopi dalam kemasan atau kopi botolan bis akita temukan dengan mudah di super market, bahkan kedai kopi ternama juga menyediakan kopi dalam botol untuk opsi yang lebih praktis.

Kita mengira kandungannya akan sama jika kita membeli kopi secara langsung digerai, namun nyatanya kopi dalam botolan mengandung lebih banyak bahan bahan tambahan seperti gula dan pengawet, yang dimana tidak baik bagi Kesehatan kita.

6.         Minum kopi terlalu larut

Minum Kopi Bisa Bikin Gemuk Kalau Begini Caranya

Kafein dapat berdampak pada kualitas tidur, apalagi jika kamu meminumnya di sore hari atau bahkan dekat dengan waktu tidur. Ketika kita tidak tidur dengan nyenyak, tubuh memproduksi leptin dan ghlerin, hormon yang dapat meningkatkan napsu makan.

Sejumlah studi menemukan bahwa leptin akan meningkat ketika tidur dan ghlerin menurun. Jadi, ketika tidur terganggu, maka hormon-hormon itu akan bekerja sebaliknya.

Hasilnya, napsu makan akan meningkat dan kita akan sulit kenyang. Nah, di situlah kita akan mulai mencari camilan atau makanan lainnya, yang tentunya berkontribusi terhadap asupan kalori harian dan lingkar pinggang yang lebih besar.

Pada akhirnya, jika kamu gemar minum kopi dan tidak ingin hobi itu membuatmu cepat gemuk, minumlah kopi dengan cara penyajian sesederhana mungkin.

Menyajikannya dengan sederhana dan tanpa bahan tambahan juga bisa membuatmu merasakan kenikmatan asli kopi yang kamu minum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *