Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

  • Whatsapp
Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti
Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Garisatu.com – Ingatkah kapan terakhir kali kamu mengalami mimisan ? Mimisan atau epistakis ialah pendarahan yang terjadi pada hidung. Mimisan memang terlihat menyeramkan, namun ini tidak selalu bertanda bahaya. Mimisan dialami oleh hampir semua orang, akan tetapi umumnya lebih sering dialami oleh anak anak rentang usia 3 hingga 10 tahun, lansia, wanita hamil, penderita kelainan darah, dan orang orang yang mengonsumsi obat pengencer darah.

Darah yang keluar dari hidung pun bisa hanya pada salah satu lubang hidung saja atau bisa juga pada keduanya, dengan durasi yang berbeda beda juga.

Bacaan Lainnya

Mimisan bisa berlangsung untuk beberapa detik saja, atau bahkan lebih dari 10 menit.

Jika hal ini yang terjadi, maka kamu perlu memberi perhatian khusus karena bisa saja ini merupakan pertanda dari suatu penyakit.

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Lantas sebetulnya apa yang menyebabkan seseorang mimisan ? Penyebab mimisan yang paling umum ialah karena kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung.

Kedua hal ini bisa memicu pecahnya pembuluh darah halus pada bagian hidung, yang kemudian terjadi pendarahan.

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Selain itu, mimisan juga bisa disebabkan oleh beberapa factor seperti membuang ingus terlalu kencang, cedera pada hidung, bentuk hidung yang bengkok, penggunaan obat pelega hidung dalam bentuk semprot yang berlebihan, infeksi yang menyebabkan hidung tersumbat seperti flu, alergi, dan sinusitis kronis.

Sedangkan pada anak anak, mimisan sebagian besar disebabkan karena alergi, pilek, atau udara yang kering.

Saat seseorang mengalami kondisi mimisan, mungkin akan bingung apa yang harus dilakukan selain mengelap darah dengan tisu.

Banyak pula orang yang berbaring pada saat mimisan, padahal sebetulnya hal ini tidak disarankan.

Untuk menghentikan mimisan, kamu bisa mengikuti tips tips dibawah ini.

1.         Duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Saat mengalami mimisan, jangan berbaring tetapi duduk lah yang tegak dengan tubuh condong ke depan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah darah mengalir ke tenggorokan. Sebab seseorang bisa tersedak atau bahkan muntah jika darah mengalir ke tenggorokan.

Selain itu, usahakan untuk bernafas melalui mulut untuk sementara waktu.

2.         Tahan keinginan untuk menutup lubang hidung

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Menyumbat hidung dengan tisu atau kapas saat mimisna mungkin salah satu yang kamu lakukan supaya menhentikan pendarahan. Sebaiknya hilangkan kebiasaan ini karena hal ini bisa memperburuk pendarahan sebab pembuluh darah semakin teriritasi.

Hal ini juga tidak memberikan tekanan untuk menghentikan pendarahan, maka dari itu, gunakan tisu atau waslap basah untuk menampung darah yang keluar, bukan menutup atau menyumbat lubang hidung.

3.         Semprotkan dekongestan

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Dekongestan seperti afirin bisa membantu mengencangkan pembuluh darah pada hidung.

Hal ini bisa memperlambat atau menghentikan pendarahan. Caranya cukup dengan menyemprotkan tiga semprotan pada lubang hidung yang mengalami mimisan.

4.         Jepit hidung

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Menyumbat hidung yang berdarah dengan tisu memang bisa membuat pembuluh darah teriritasi, namun kamu bisa mencoba menjepit hidung pada bagian yang lembut dan berdaging di bawah tulang hidung selama sekitar 10 menit.

Ini bisa membantu menekan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan. Jangan lepaskan tekanan saat kamu menekan selama 10 menit sebab ini bisa membuat pendarahan kembali muncul.

Itu dia langkah langkah yang bisa kamu lakukan jika mengalami hidung berdarah, jika pendarahan tidak kunjung berhenti, maka sebaiknya hubungi petugas medis.

Mimisan? Lakukan Ini Supaya Berhenti

Tetapi jika pendarahan sudah berhasil diatasi, kamu juga tidak disarankan untuk melakukan hal hal di bawah ii supaya darah tidak kembali muncul.

1.         Mengupil

Mengupil bisa membuat bagian lapisan hidung mengalami iritasi. Hal ini sangat rentan memicu terjadinya kembali pendarahan

Maka sebaiknya tahan keinginan mengupilmu hingga hidung sudah kembali pulih.

2.         Membuang ingus

Jika kamu membuang ingus dengan tujuan membersihkan sisa sisa darah pendarahan didalam hidung, sebaiknya tidak perlu dilakukan, hal ini hanya akan kembali memicu terjadinya pendarahan lagi.

Usahakan untuk menahan selama 24 jam setelah pendarahan. Setelah itu, jangan buang ingus terlalu keras.

3.         Membungkuk

Kamu tidak dianjurkan untuk melakukan aktifitas berat setelah pendarahan selama 24 hingga 48 jam setelahnya.

Usahakan untuk melakukan aktifitas ringan dan jangan membungkuk, mengangkat beban berat, atau aktifitas yang membuat tubuh tegang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *