Menurut Survei Game Dapat Meningkatkan Minat Baca

  • Whatsapp
Menurut Survei Game Dapat Meningkatkan Minat Baca

Garisatu.comNational Literacy Trust, lembaga independen yang berbasis London, UK. Melakukan survei yang menarik tentang game.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa video game membantu generasi muda, terutama anak laki-laki dan yang malas membaca, untuk terbiasa membaca dan menulis.

Bacaan Lainnya

Survei Dari National Literacy Trust

Menurut Survei Game Dapat Meningkatkan Minat Baca

Dalam penelitiannya, National Literacy Trust melibatkan lebih dari 4.600 remaja berusia 11 hingga 16 tahun dari seluruh Inggris, lewat program BounceTogether yang dilaksanakan antara bulan November dan Desember 2019.

Salah satu hasilnya menunjukkan 79% dari generasi muda membaca teks yang berkaitan dengan game, sementara 63% membuat tulisan sendiri yang berhubungan dengan game, apakah itu berupa teks, tips untuk para pemain lain, atau fan fiction.

Selanjutnya, studi yang sama menerangkan bahwa 73% anak muda yang tidak suka membaca, mengatakan bermain game bisa membantu mereka untuk lebih merasa menjadi bagian dari sebuah cerita, ketimbang membaca teks berbasis buku.

Lalu, 65% anak muda menyatakan kalau bermain video game membantu mereka membayangkan menjadi orang lain, di mana menurut laporan tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan rasa empati.

Menurut Survei Game Dapat Meningkatkan Minat Baca 3

Penelitian juga menerangkan jika 58% dari generasi muda yang diwawancarai merasa tertarik untuk berkarir sebagai pengembang game.

National Literacy Trust telah menerbitkan ringkasan temuan terpisah dari surveinya terhadap anak muda dan orang tua selama kebijakan lockdown COVID-19, untuk menangkap perubahan pada perilaku anak muda seputar bermain video game dan literasi.

Dilangsungkan antara Mei dan awal Juni 2020, mereka melakukan survei terhadap lebih dari 3.000 remaja berusia 11 hingga 18 tahun, dan 826 orang tua yang memiliki anak dalam kelompok usia tadi.

Survei itu menjelaskan, 60% orang tua yang diberi pertanyaan melaporkan kalau bermain game bersama teman telah membantu kondisi mental mereka, yang pada masa pandemi saat ini jelas positif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *