Menpora Buka Peluang Kolaborasi dengan FKPPI Tumbuhkan Minat Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda

  • Whatsapp
Menpora Buka Peluang Kolaborasi dengan FKPPI Tumbuhkan Minat Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda
Menpora Sumber foto: bagus/kemenpora.go.id

Garisatu.com – Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana kerjasama yang akan dijalin antara FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri) bersama dengan Kemenpora.

Adapun fokus kolaborasi ialah mendorong tumbuhnya minat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Hal tersebut terungkap saat Menpora menerima audiensi secara virtual perwakilan Pengurus Pusat FKPPI, HIPWI FKPPI, Wanita FKPPI, dan GM FKPPI di kantor Kemenpora, Rabu (10/6) Sore.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Deputi Pengembangan Pemuda, Dr. Asrorum Ni’am Sholeh dan Staf Khusus Bidang Penguatan Organisasi Kepemudaan, Venno.

Zainudin, mengaku pemerintah sangat mengapresiasi upaya positif masyarakat dan kelompok masyarakat termasuk dari FKPPI ini yang akan bekerjasama dengan pemerintah di bidang kewirausahaan pemuda.

“Kami membuat program prioritas agar para pemuda kita memiliki minat untuk berwirausaha yang menjadi basisnya yang kuat untuk bisa mandiri memenuhi kehidupannya, keluarga dan lingkungannya sehingga bisa melebarkan jalannya ke berbagai aspek,” ujarnya menerangkan.

Ketua Umum (Ketium) Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI Toro Sudarmadi berharap organisasi yang dipimpinya dapat menjadi wadah wirausaha, pengusaha dan wiraswasta dari anggota FKPPI terlebih nantinya bekerjasama dengan Kemenpora.

“Kami ingin HIPWI menjadi wadah wirausaha dan bisa menularkan jiwa kewirausahaan untuk mencetak generasi muda menuju wirausaha yang tangguh dan berjiwa kebangsaan,” beber Toro.

Toro Sudarmadi menambahkan bahwa Keluarga Besar FKPPI termasuk 3 organisasi pendukungnya memiliki potensi yang harus dikelola dengan baik, termasuk dalam hal ini oleh pemerintah.

“Kami melihat ada program-program Kemenpora yang bisa dikolaborasikan terlebih Keluarga Besar FKPPI mempunyai anggota yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia dengan berbagai potensi yang ingin kami dikembangkan bersama dengan pemerintah,” imbuhnya.

Menpora Buka Peluang Kolaborasi dengan FKPPI Tumbuhkan Minat Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda
Menpora
Sumber foto: bagus/kemenpora.go.id

Kepada Menpora Ketum HIPWI tersebut juga memaparkan, bahwa saat ini di tubuh FKPPI terdapat tiga organisasi pendukung FKPPI yaitu (1) HIPWI FKPPI yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi anggotanya, salah satunya melalui program kewirausahaan, (2) Wanita FKPPI, fokus pada pemberdayaan potensi wanita anggota FKPP dan (3) Generasi Muda FKPPI , fokus pada pemberdayaan anggota FKPPI yang berusia sesuai dengan Undang –Undang Kepemudaan No. 40 Tahun 2009 .

Sementara itu Ketua Umum Generasi Muda FKPPI Shandy Mandela, mengungkap bahwa mereka merupakan bagian dari generasi Indonesia yang akan menerima bonus demografi. Oleh karena itu Shandy memandang sinergi program bersama Kemenpora ini menjadi sangat penting.

“Hal ini tentu dalam rangka menyiapkan seluruh kader Generasi Muda FKPPI seluruh Indonesia untuk memiliki kesiapan lebih dalam menghadapi bonus demografi , yaitu menjadi generasi muda yang mandiri,” ujarnya.

Selanjutnya Susetya Herawati, Wakil Ketua Umum Wanita FKPPI Bidang Organisasi, Hukum dan Luar Negeri, menambahkan, bahwa peran penting wanita dalam menjaga ketahanan ekonomi keluarga sangatlah penting.

Persoalannya terkadang kami kaum wanita tidak cukup percaya diri melakukan hal tersebut karena berbagai keterbatasan bisa karena persoalan budaya dan tatanan kehidupan dalam masyarakat, bisa juga karena lingkungan pergaulan.

“Melalui kegiatan pelatihan dan pembimbingan kewirausahaan tentu akan sangat membantu dalam membukakan pemikiran dan wawasan,” timpal Hera.

Sedangkan pembina HIPWI FKPPI, Eddy Kuntadi yang juga pelaku bisnis ini menekankan pentingnya merubah mindset wirausaha yang seyogyanya dilakukan sejak usia dini.

Jelang berakhirnya audiensi, Deputi Dr. Asrorum Ni”am, memberikan dua pandangan mengenai program yang dapat disinergikan yaitu: (1) Pelatihan calon wirausaha muda sesuai minat, talenta dan bakat, (2) Pembinaan pada generasi muda yang telah memiliki bisnis namun memiliki keterbatasan dalam aspek permodalan, jaringan pemasaran.

Pernyataan tersebut dikuatkan oleh StafSus Menpora, Venno yang mengungkap pihaknya selanjutnya akan mempelajari konsep kolaborasi dengan HIPWI FKPPI dan GM FKPPI sebagaimana disampaikan Deputi Pengembangan Pemuda, Kemenpora tersebut.

Menutup diskusi, Sekretaris Jenderal FKPPI, Anna menyampaikan rasa terimakasih dan berharap sinergi ini dapat terealisasi dengan baik.

Tak lupa Anna juga menyampaikan bahwa KB FKPPI memiliki komunitas komunitas lainnya yang mendukung kegiatan kepemudaan dan Olahraga sebagai contoh, komunitas pelari dan komunitas Bikers.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *