Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima

  • Whatsapp
Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima

Garisatu.com – Mobil yang sering diapakai setiap hari tentunya memerlukan perhatian ekstra untuk mobil biar awet muda dan selalu prima. Tidak hanya kendaraan roda 4, tetapi untuk semua jenis kendaraan juga memerlukan perhatian ekstra bila dipakai setiap hari.

Mobil Awet Muda Dan Prima

Agar mobil selalu dalam kondisi yang prima. Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak memperhatikan tampilan luarnya saja, disarankan juga agar pemilik juga memperhatikan atau merawat bagian mesin juga. Apa aja sih yang harus diperhatikan dalam merawat kendaraan kesayangan kita?

Bacaan Lainnya

Tidak kekurangan cairan

Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima 3 2

Salah satu hal yang paling mudah diperhatikan adalah menjaga agar kendaraan kita tidak kekurangan cairan. Dimobil ada beberapa jenis-jenis cairan, antara lain power steering, rem, dan pendingin suhu mesin.

Rajin cek pelumas

Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima 2 2

Kebanyakan dari pabrikan mobil menganjurkan mengganti untuk pergantian pelumas mesin/oli mesin setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali. Tetapi karena dikota-kota besar di Indonesia sering terjadi kemacetan, sebaiknya pergantian oli mesin setiap 5.000 KM.

Selain dari jarak tempuh, ada baiknya melakukan pergantian oli mesin bila kendaraan sudah terasa kasar, oli mesin sudah berwarna hitam, dan oli sudah encer.

Service rutin di bengkel resmi

Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima 4 2

Kendaraan-kendaraan yang setiap hari dipakai untuk membantu kegiatan kita sehari-hari, ada baiknya jika kita juga merawat kendaraan kita secara rutin di bengkel resmi. Seperti tune-up, agar kendaraan kesayangan kita selalu dalam kondisi yang prima.

Pergantian spare part tepat waktu

Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima 5 2

Umur spare part pada umumnya tergantung dari pemakaian. Agar selalu dalam kondisi yang prima, sebaiknya periksa kembali buku panduan perawatan untuk mengetahui kapan spare part itu harus segera mendapatkan penggantian.

Semakin lama umur kendaraan, maka secara otomatis spare part harus banyak diganti.

Membersihkan penampilan kendaraan

Menjaga Mobil Biar Awet Muda Dan Selalu Prima 6 2

Membersihkan kendaraan selain terlihat bersih dan wangi, tujuan lainnya agar terhindar dari karatan. Ada beberapa bagian kendaraan terjadi karat karena proses alami salah satu contohnya disc brake.

Perlu diketahui bahwa komponen-komponen tersebut secara alami mengalami proses oksidasi atau dikarenakan oleh kotoran yang menempel terlalu lama.

Cara mengurangi proses oksidasi tersebut dengan selalu membersihkan kendaraan setelah bepergian. Mencuci hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil adalah sebuah keharusan agar mobil tetap awet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *