Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

  • Whatsapp
Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat
Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Garisatu.com – Terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat membuat adanya perbedaan warna pada kulit kita. Tentu perbedaan warna ini akan sangat mengganggu karena selain membuat kita terlihat aneh, memiliki kulit yang belang juga emmbuat kita tidak percaya diri dalam menggunakan pakaian.

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Selain terkena paparan sinar matahari secara langsung, ada beberapa penyebab kulit belang seperti ketidakseimbangan hormone, pertambahan usia, atau disebabkan oleh luka. Namun pada dasarnya hal yang paling umum menjadi penyebab kulit belang adalah paparan sinar matahari. 

Bacaan Lainnya

Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang bisa memberikan dampak negative bagi kulit. Hal seperti maslaah kulit, kulit terbakar, kering, berkerut, penuaan dini bisa terjadi jika seseorang sering terpapar radiasi dari kedua ultraviolet ini.

Kulit manusia juga memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB, saat kulit terpapar sinar ini, tubuh secara otomatis akan memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel sel yang terganggu oleh radiasi. Pigmen melanin inilah yang kemudian mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Maka dari itu, semakin seringnya terpapar sinar matahari, semakin banyak juga sel kulit yang terganggu sehingga warna kulit semakin gelap. 

Namun, kulit yang membelang akibat paparan sinar matahari dapat Kembali seperti semula dengan menjaga dan dibantu dengan melakukan berbagai cara.

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Biasanya akan membutuhkan waktu cukup lama mulai dari ber minggu minggu bahkan berbulan bulan tergantung parahnya kondisi kulit kamu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan tabir surya 

Tabir surya sudah menjadi produk wajib untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Penggunaan tabir surya juga cukup efektif dalam meratakan warna kulit wajah.

Rutin menggunakan tabir surya pada wajah dan tubuh akan sangat menjaga kondisi kulit kamu dari efek sinar UVA dan UVB. Pilihlah tabir surya yang memiliki SPF 50+++ dan memiliki tekstur ringan serta tidak lengket sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari hari kamu. 

2. Teknik ekfsfoliasi 

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Eksfoliasi merupakan Teknik pengelupasan sel sel kulit mati karena membersihkan wajah saja tidak cukup, eksfoliasi bisa membantu kamu mengelupas sel sel kulit mati sehingga membantu mengatasi masalah perbedaan kulit.

Eksfoliasi tidak hanya dibutuhkan untuk orang yang memiliki kulit belang saja, biasanya eksfoliasi ini masuk kedalam urutan skincare kaum hawa karena fungsinya yang baik bagi kulit. Kamu bisa melakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. 

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

3. Rutin konsumsi air putih 

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Air putih dapat merawat kulit dan menghidrasi kulit. Apabila kurang mengonsumsi air putih, kulit bisa menjadi kering dan pigmen pigmen dalam kulit pun tidak akan ternutrisi dengan baik. Rutin mengonsumsi air putih dalam kadar yang cukup juga bisa membantu menutrisi kulit dan mengembalikan warna kulit yang semula. 

4. Gunakan pelembab

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Pelembab bisa menjadi satu kesatuan dengan tabir surya, kamu bisa mengaplikasikan pelembab ke bagian tubuh yang kerap terkena paparan matahari baru melapisinya dengan tabir surya. Sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering, maka dari itu kita membutuhkan pelembab untuk menlembabkan kulit. 

5. Hindari makanan tertentu 

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Kamu membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan sehat supaya bisa menutrisi kulit dari dalam. Disaat kamu sedang berusaha mengembalikkan warna kulit yang belang, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan tinggi kadar gula, makanan pedas, minuman beralkohol, dan makanan yang berlemak.

Kamu bisa mengonsumsi makanan makanan yang baik bagi Kesehatan kulit seperti alpukat, ikan berlemak (salmon, makarel, dan herring), paprika, brokoli, dan tomat. 

6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin c 

Mengurangi Belang Pada Kulit Dengan Cepat

Vitamin c merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat ini dapat mencegah dan melindungi kulit dari kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, dan juga menjadi salah satu penyebab warna kulit tidak rata.

Vitamin c juga dapat menunjang produksi kolagen pada kulit. Kandungan vitamin c yang cukup tinggi bisa kamu temukan di buah jeruk, kiwi, maupun stoberi. 

Cara cara diatas bisa kamu lakukan untuk mengurangi belang pada kulit. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang Panjang supaya menghindari kulit kamu dari paparan sinar matahari ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *