Mengulik dan Mengenal Sejarah Mobil Dari Abad 19

  • Whatsapp
Mari Kita Mengenal Sejarah Mobil

Garisatu.com – Mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk memudahkan kita melakukan aktifitas. Tapi apa kamu tahu bagaimana sejarah mobil berkembang dari abad 19 hingga sekarang? Mari kita mengulik dan mengenal sejarah mobil sama-sama.

Sejarah Mobil Pertama

Cugnot Fardier 1
Kendaraan pertama yang didesain oleh Nicholas J. Cugnot

Sejarah kendaraan pertama kali dibuat dengan mesin bertenaga uap pada tahun 1769. Nicholas-Joseph Cugnot menciptakan kendaraan roda 3 dengan badan yang cukup besar. Pada saat itu Cugnot membuat kendaraan ini untuk mengankut meriam dalam medan perang.

Bacaan Lainnya

Penemuan Cugnot belom diterima baik ditempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di tahun 1801 oleh Richard Trevithick untuk menjalankan gerobak-uap. Dengan penambahan fitur seperti rem tangan, stir, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan. Membuatnya berkembang baik dan sukses.


Penemuan Nicholas J. Cugnot membuat insyinur lain tertarik untuk mengikuti jejaknya. pada tahun 1784 di Inggris, William Murdock bekerjasama dengan James Watt menciptakan mobil sejenis yang bermesin uap juga.

Oliver Evans
Mobil Amfibi Oliver Evans

Hak paten pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada tahun 1789. Evans berhasil mendemonstrasikan kendaraan bertenaga uap yang dapat berjalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda panel. Penemuan ini merupakan mobil pertama yang disebut mobil amfibi.


Di pertengahan abad ke 19 perkembangan pesat, dimana saat itu para ilmuwan merancang konsep kendaraan dengan mesin bahan bakar lainnya. Hingga akhir abad 19 kendaraan bermesin uap terus memunculan. Walaupun mesin kendaraan uap mudah terkena masalah, misalnya mudah meledak. Tetapi di akhir abad 19 mempunyai suara yang lebih senyap serta tidak menghasilkan asap tebal yang mengganggu.

Lahirnya Kendaraan Berbahan Bakar bensin

1885Benz 1
Karl “Velo” Benz

Karl Friedrich Benz seorang pria berkebangsaaan Jerman berhasil menyelesaikan mobil pertama di dunia dengan mesin berbahan bakar bensin pada 31 Desember 1879, dan dipatenkan pada 28 Juni 1880 di Mannheim. Ada juga Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart yang ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin pada waktu yang hamper bersamaan.


Sejarah Perkembangan mobil tak berhenti sampai situ, pada 5 November 1895 George Baldwin Selden mendapatkan hak paten mobil bermesin dua tak di Amerika Serikat. Dalam jangka waktu beberapa tahun, beberapa tipe dan model mobil seperti, mobil bertenaga uap, bensin, dan listrik mengalami persaingan.


Produksi mobil pertama berskala besar dan harga terjangkau terjadi pada tahun 1902 yang diproduksi oleh Olds Motor Vehicle Co. ( Oldsmobile ) dari Lansing, Michigan. Di tahun 1910 perakitan dan tekhnik produksi massal diterapkan oleh Henry Ford yang memproduksi mobil secara besar-besaran dan kuantitas yang banyak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *