9 Cara Menghadapi Musim Hujan

  • Whatsapp
Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis
Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Garisatu.com – Seperti biasanya pada penghujung tahun, kita sudah memasuki musim penghujan. Mulai dari pergantian musim kemarau ke penghujan hingga musim penghujan sendiri cukup berpengaruh pada kondisi Kesehatan kita.

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Pada saat musim pancaroba tubuh kita akan menyesuaikan dengan perubahan cuaca, sedangkan pada saat musim penghujan kita lebih rentan sakit karena cuaca yang lebih dingin. Maka dari itu, sebaiknya kita mengambil Langkah Langkah yang tepat untuk menghadapi musim penghujan sebelum tubuh diserang oleh penyakit.

Bacaan Lainnya
Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Berikut ini merupakan tips untuk menjaga Kesehatan dan tips dalam menghadapi musim hujan. Yuk simak!

1. Sediakan payung atau jas hujan 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Mungkin tidak semua orang rentan sakit saat terguyur hujan, tapi ada baiknya untuk selalu menyediakan payung atau jas hujan karena prediksi cuaca yang tidak menentu. Payung atau jas hujan akan sangat membantu kamu saat hujan turun. Berangkat kerja tanpa takut basah dan yang penting tidak akan membuat kita masuk angin. 

2. Konsumsi makanan sehat 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Saat musim hujan, suhu akan cenderung lebih rendah dan tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu kita juga butuh asupan gizi yang cukup supaya meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi, disarankan untuk menjaga asupan makan yang sehat dan seimbang. Seperti buah, sayur, protein, dan perbanyak anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Jaga kebersihan 

Kuman dan bakteri mudah berkembang biak di tempat yang lembab. Tangan anda merupakan salah satu tempat yang sangat baik menjadi sarang virus. Tanpa andar sadari segala sesuatu yang anda pegang mengandung kuman, apabila anda tidak mencuci tangan lalu menyentuh wajah atau makanan, maka kuman ikut masuk kedalam tubuhmu, apalagi disaat pandemic seperti ini, tentu kebersihan menjadi nomor satu yang harus dijaga dengan baik. Bawalah hand sanitizer kemana mana dan jangan malas untuk mencuci tangan. 

4. Perbanyak air putih, sesekali minum the herbal 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Air putih tentu tidak boleh dilupakan. Manfaat dari air putih sudah tidak diragukan lagi karena manfaatnya yang sangat amat baik bagi tubuh. Pastikan untuk meminum air putih yang bersih dan kalua bisa yang sudah matang. Sesekali meminum teh herbal atau jamu juga disarankan, untuk menguatkan daya tahan tubuh dn juga menghangatkan tubuh. Apalagi diminum saat setelah kehujanan. 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

5. Jaga kebersihan lingkungan 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Seperti yang kita bahas tadi, pentingnyamenjaga kebersihan saat musim hujan karena kuman dan bakteri mudah berkembang biak di tempat yang cenderung lembab dan kotor. Tidak hanya menjaga kebersihan diri sendiri, kita juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan kita.

Salah satunya seperti tumpukan sampah yang terbawa Bersama dengan air hujan bisa menjadi sarang penyakit. maka dari itu, pastikan kondisi lingkungan kamu juga terjaga dengan baik.

6. Asupan vitamin c 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Vitamin c sangat baik bagi tubuh. Vitamin c dapat membantu mengatasi flu dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi vitamin c baik dalam suplemen ataupun melalui buah seperti gojiberry, kiwi, jeruk, ceri sangat baik bagi tubuh.

Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

7. Mandi setelah kehujanan

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Saat terguyur hujan di jalan, secara tidak langsung kita bisa terpapar bakteri atau kuman. Ada baiknya untuk mandi apabila kamu kehujanan. Jangan lupa untuk mengeringkan rambut atau mandi menggunakan air hangat jika diperlukan, untuk menghidari resiko masuk angin. 

8. Penolak serangga 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Saat musim hujan tentu jumlah serangga seperti nyamuk ataupun kecoak akan meningkat. Sedangkan serangga juga menjadi salah satu pembawa kuman dan bakteri. Selain itu, nyamuk bisa saja membawa penyakit dbd tanpa disadari.

Kamu bisa menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan penolak serangga. Kamu bisa memperhatikan sudut sudut rumahmu yang mungkin bisa dimasuki oleh kecoak, dan selalu menutup pintu atau jendela untuk menghindari masuknya nyamuk. 

9. Gunakan pakaian hangat 

Menghadapi Musim Hujan Dengan Praktis

Tips yang satu ini mungkin akan kita lakukan tanpa diberi tahu. Cuaca yang dingin memang membuat kita membutuhkan kehangatan yang lebih. Apalagi jika anda hendak berpergian sebaiknya kenakan pakaian yang tebal atau lapisi dengan jaket supaya mencegah kedinginan atau masuk angin. 

Itu dia beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat musim hujan tiba. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jaga kondisi tubuhmu dan jangan sampai terpapar penyakit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *