Menggunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Wajah, Efektif atau Bahaya?

Menggunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Wajah, Efektif atau Bahaya?

Garisatu.com – Banyak orang yang memilih kepraktisan dalam membersihkan wajah, yaitu dengan menggunakan tisu basah. Mereka mengira tisu basah merupakan cara praktis dan mudah serta benar benar bisa membersihkan wajah secara optimal. Padahal faktanya, membersihkan wajah dengan tisu basah sebenarnya memiliki efek yang tidak baik bagi kulit. 

Yuk simak 5 efek buruk yang bisa kamu alami jika membersihkan wajah dengan tisu basah.

Bacaan Lainnya

1. Kulit mudah kering

 Beberapa tisu basah mengandung kadar alkohol, jika kamu menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol, maka bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering. 

Hal ini dikarenakan kandungan alkohol dalam tisu basah sehingga membuat kelembaban kulit menurun drastis dan membuatnya cenderung sensitif. Selain itu, kondisi ini juga bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit.

2. Kulit mudah keriput 

Hal ini berkaitan pula dengan poin pertama tadi, saat kulit wajah kamu kering, kondisi seperti ini lama lama akan membuat kulit keriput. Hal ini disebabkan karena kelembaban kulit terkikis habis saat menggunakan tisu basah terus menerus. Jadi sebaiknya, mulailah untuk menghindari tisu basah jika ingin membersihkan wajahmu.

3. Mudah menimbulkan jerawat 

Salah satu hal yang tidak diketahui ialah menggunakan tisu basah bisa menimbulkan jerawat. Tapi faktanya, tisu basah tidak mampu membersihkan wajah secara optimal. Nah, oleh karena itu, ketika kamu membersihkan wajah dengan tisu basah, ini juga bisa mengakibatkan penumpukan kotoran. Akhirnya, kondisi tersebut pun menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Kantung mata kendur 

Saat membersihkan wajah tentu kamu akan membersihkan keseluruhan, termasuk area mata. Area mata termasuk dalam daerah yang sensitif. Jadi, saat kamu menghapus makeup dengan tisu basah, hal ini bisa membuat kantung matamu mengendur.

Sebab biasanya tisu basah tidak mampu mengangkat makeup di area mata dalam sekali usap saja. Sehingga, kamu perlu menggosoknya berulang kali supaya makeup tersebut benar-benar bersih. Nah, kalau kamu terus menerus menggosok area mata, hal ini bisa membuat kantung matamu lama kelamaan mengendur.

Menggunakan Tisu Basah Untuk Membersihkan Wajah, Efektif atau Bahaya?

5. Menyebabkan alergi 

Terakhir, membersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah juga bisa menyebabkan alergi pada wajah. Sebab, tisu basah yang mengandung wewangian memang tidak semuanya aman dan ramah bagi kulit. Terlebih lagi jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif. Daripada menggunakan tisu basah, lebih baik bersihkanlah wajahmu menggunakan micellar water.

6. Membuat iritasi 

Kulit bisa mengalami iritasi jika menggunakan tisu basah. Hal ini dikarenakan tisu basah tidak memiliki kemampuan mengangkat kotoran atau riasan pada wajah selayaknya pembersih wajah. Jadi, saat kita secara tidak langsung akan mengusap wajah terlalu kencang dan menyebabkan iritasi pada wajah. 

Itu merupakan efek buruk dari membersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah.

Itulah efek buruk membersihkan wajah dengan tisu basah, selain itu, hal yang perlu diperhatikan jika kamu memang terpaksa menggunakan tisu basah ialah jangan mengelap bagian waterline (garis bawah bagian dalam mata), cukup lap lipatan mata bagian atas, mulai dari sudut terdalam mata ke arah luar mata dan lanjutkan ke arah alis dan dahi, dan kamu bisa mengelap mulai dari bagian mata terlebih dulu supaya kotoran dari wajah bagian lain menumpuk di bagian mata.

Jika kamu ingin menggunakan tisu basah, pastikan juga untuk memilih tisu basah yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah. Namun itu juga tidak bisa dijadikan patonan dalam membersihkan wajah sebab masih lebih direkomendasikan untuk memilih micellar water atau cleanser dibandingkan dengan tisu basah.

Kamu bisa memilih beberapa produk tisu basah di bawah ini yang dikhususkan untuk kulit wajah:

1. Clé de Peau, Eye and Lip Makeup Remover Towelettes 

2. Rollover Reaction, Face Wipes 

3. M.A.C Cosmetics, Gently Off Wipes + Micellar Water

4. Biore, Cleansing Oil Sheet

5. Pond’s, Evening Soothe Wet Cleansing Towelettes

6. Sephora Collection, Express Cleansing Wipes 25 pack

7. Sephora Collection, Express Cleansing Wipes 25 pack

8. Innisfree, Apple Seed Cleansing Tissue

9. Neutrogena, Deep Clean Oil Free Makeup Remover Cleansing Wipes 

10. Sariayu, Tissue Make Up Removal

11. Philosophy, Purity Made Simple One-Step Facial Cleansing Cloth

12. Yves Rocher, Serum Vegetal 3 Cleansing Wipes

Pos terkait