Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

  • Whatsapp
Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif
Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Garisatu.com – Ingin mengatasi diare dengan cara yang lebih efektif? Mengalami diare disaat kita mempunyai aktifitas untuk dilakukan memang sungguh tidak nyaman dan menyiksa. Pekerjaan kita tertunda dan perasaan tidak nyaman karena harus bolak balik wc. Diare bisa datang tanpa kita sadari karena beberapa hal, bisa seperti mengonsumsi makanan yang tidak bersih, tidak mencuci tangan sebelum makan, sumber air yang kurang bersih, dan lain sebagainya. 

Selain itu, faktor seperti alergi makanan, infeksi bakteri, efek samping dari obat obatan, radang pada saluran pencernaan juga bisa menyebabkan diare. Beberapa gejala diare adalah seperti feses yang lembek dan cair, nyeri dan kram perut, mual dan muntah, nyeri kepala, kehilangan nafsu makan, haus terus menerus, dan darah pada feses. 

Bacaan Lainnya
Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Diare dapat berakibat fatal jika pengidapnya sampai mengalami dehidrasi akibat terlalu banyak kehilangan cairan dalam tubuh.

Sebelum diare bertambah parah, sebaiknya kamu lakukan cara cara dibawah ini untuk mencegahnya. 

1. Minum obat diare 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Penanganan pertama yang mudah dapat dilakukan dengan menggunakan attapulgit dan pectin atau norit (arang aktif). Tahapan selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi loperamide yang bekerja dengan cara memperlambat aktivitas usus besar, sehingga makanan dapat ditahan lebih lama di dalam usus.

Obat seperti Bismuth Subsalicylate (Pepto-Bismol dan Kaopectate), dan juga Loperamide (Imodium) merupakan obat bebas yang digunakan untuk mengobati diare. 

2. Minum oralit 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Oralit adalah minuman yang sering dianjurkan untuk mengatasi diare. Seringnya buang air besar saat diare dapat menyebabkan dehidrasi bagi pengidapnya. Nah, oralit bekerja untuk menggantikan garam dan cairan yang hilang dalam feses. Minum larutan ini sedikit demi sedikit. Setelah minum 2-3 teguk, berhenti sebentar untuk memberi kesempatan oralit diserap oleh usus terlebih dahulu.

Untuk membuat larutan oralit, kamu perlu campurkan 1 liter air hangat dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula. Kalau mau lebih praktis, oralit kini banyak tersedia dalam bentuk kemasan yang bisa langsung kamu seduh. Kamu bisa mendapatkan oralit dengan aplikasi Halodoc atau membelinya di apotik terdekat. 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

3. Air elektrolit 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Elektrolit merupakan mineral bermuatan listrik yang terkandung dalam keringat, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Ketika seseorang mengalami diare, kadar elektrolit dalam tubuh akan otomatis berkurang, sehingga pengidap diare rentan mengalami dehidrasi.

Nah, untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang akibat mengalami diare, kamu bisa minum air elektrolit yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di supermarket. 

4. Mengonsumsi probiotik

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Terkadang, diare dapat terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Oleh sebab itu, konsumsi makanan probiotik atau bakteri baik, seperti yogurt, dapat membantu menghentikan diare.

Dikutip dari Healthline, probiotik membantu mengatasi ketidakseimbangan bakteri dengan menyediakan bakteri baik dalam jumlah banyak. Probiotik juga dapat meningkatkan fungsi usus normal, sehingga mampu mempersingkat durasi diare.

5. Diet BRAT 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

BRAT adalah singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Diet ini dinilai efektif untuk meredakan diare karena sifat hambar dari makanan-makanan dan rendah serat dari makanan-makanan tersebut.

Everyday Health juga menyarankan pengidap diare untuk tidak makan terlalu banyak, tidak makan makanan yang digoreng, tidak mengonsumsi makanan pedas, tidak makan produk olahan susu dan mengonsumsi buah atau sayuran yang memicu gas seperti brokoli, jagung, dan kol. Anda juga disarankan untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, minuman beralkohol, dan tinggi kandungan gula. Minuman ini dapat memicu produksi urine, sehingga membuat Anda lebih mudah dehidrasi. Karena semua makanan tersebut bisa memperburuk kondisi diare.

6. Minum teh chamomile 

Mengatasi Diare Dengan Cara Yang Lebih Efektif

Sebuah penelitian di India mengungkapkan bahwa teh chamomile dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Studi tersebut datang dari jurnal Molecular Medicine Reports yang memaparkan bahwa chamomile dapat membantu mengatasi kembung, sakit perut dan mual akibat diare.

Selain itu, teh ini pun diyakini dapat mempercepat proses penyembuhan diare.

Jika kamu merasa diare tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab kamu diare dan cara mengatasinya dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *