Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

  • Whatsapp
Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!
Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Garisatu.com – Tanaman kaktus hias sedang mencuri perhatian sebagian orang sekarang ini. Bahkan menanam kaktus hias sudah menjadi trendalam dunia tanaman hias. Kaktus hias sendiri merupakan tumbuhan sukulen, yakni tumbuhan yang mampu menyimpan air pada batangnya, volume air yang disimpan oleh tumbuhan sukulen juga biasanya realtif besar sehingga simpanan air ini lah yang membantu tumbuhan bertahan hidup di daerah yang gersang. Kaktus sering dijadikan tanaman hias karena mudah dirawat.

Menanam kaktus pun bisa dijadikan sebagai hobi atau ladang berbisnis. Jika kamu berkeinginan menanam kaktus atau budidaya, kamu bisa menyimak rekomendasi tanaman kaktus hias dibawah ini :

Bacaan Lainnya

1.         Acanthocalycium Thionanthum

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Jenis kaktus hias yang satu ini merupakan yang paling umum dijumpai. Memiliki ciri khas bunga warna warni yang tumbuh secara berkala dari balik duri durinya.

Kaktus ini memiliki karakteristik kering sehingga tidak membutuhkan asupan air yang banyak. Maka dari itu, pastikan untuk menakar volume air dan menjadwalkan waktu penyiraman seperti sekali hingga tiga kali dalam satu minggu.

2.         Gymnocalycium

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Kaktus jenis ini memiliki postur tanaman yang mungil, dan memiliki ciri khas bagian tubuh atasnya yang berwarna merah muda. Karena bentuknya yang mungil membuat kamu bisa menaruhnya didalam wadah pot dan bisa diletakkan sebagai hiasan di atas meja atau sudut jendela.

Kaktus hias Gymnocalycium ini juga memiliki bentuk unik seperti tingkatan layer rumah susun. Selain itu, bentuknya yang hampir menyerupai bintang membulat, cocok ditempatkan pada pot berbentuk tabung simetris lingkaran.

3.         Astrophytum

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Jenis kaktus ini memiliki tampilan dan bentuk yang sangat khas yakni menyerupai buah belimbing dan bintang, dengan duri yang tidak terlalu mendominasi. Kaktus hias ini cocok diletakkan sebagai hiasan untuk memberikan sentuhan yang manis.

Salah satu cara dalam menjaga kaktus ini ialah, pastikan untuk meletakkan kaktus ini didalam ruang yang memiliki suhu sekitar 40 derajat celcius.

4.         Medusita

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Sesuai dengan penamaannya yang diambil dari kata ‘medusa’, yakni perempuan bersurai ular dari mitologi Yunani, kkatus medusita ini juga memiliki bentuk yang hampir serupa.

Kaktus ini mirip bagaikan kaki cumi cumi yang diletakkan diatas pot dengan postur tanaman keras dan menjuntai keatas. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini bisa menjadi hiasan ruangan yang diletakkan di rak rak untuk menambah kesan aesthetic.

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

5.         Haworthia Cactus Zebra

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Kaktus ini juga sesuai dengan Namanya, seperti zebra yang memiliki perpaduan warna antara warna hijau dengan garis putih belang belang. Perpaduan warna yang apik ini membuat kaktus ini semakin artsy dan membuat orang terpana.

Selain itu, kaktus ini juga hanya membutuhkan asupan matahari seadanya saja, karena jika kepanasan, bisa memudarkan warnanya dan bahkan mengeringkan daun kaktus.

6.         Ball cactus

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Tanggapan orang saat pertama kali melihat kaktus ini mungkin akan menyebut kaktus ini menggemaskan, sebab bentuknya yang bulat dan ‘gendut’.

Kaktus ini seperti bola yang berduri tajam namun terlihat halus. Cocok dijadikan sebagai hiasan diruang tamu. Warna duri dari kaktus ini ialah kekuningan hingga keemas an, jika kaktus ini berbunga, maka aka menghasilkan bunga kecil berwarna kuning.

Pemilik kaktus ini perlu berhati hati sebab karakteristik kaktus ini sangat kering dan tidak menoleransi suhu dan embun dingin atau salju.

7.         Living rock

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Jenis kaktus ini merupakan kaktus yang tidak memiliki duri, namun memiliki tekstur yang kasar, bergelombang mirip seperti permukaan batu, dan tampak sedikit mengerikan.

Akan tetapi, kaktus ini memiliki bunga yang indah berwarna merah magenta. Kaktus dengan nama latin Ariocarpus confusus ini tak membutuhkan banyak asupan air. Kaktus living rock juga dapat bertahan di suhu hingga 10 derajat celcius.

8.         Fairy castle

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Seperti Namanya, tampilan kaktus ini bagaikan kastil dalam cerita dongeng. Tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk yang cukup besar namun masih tetap bisa diletakkan didalam pot rumah. Airy casle ini cocok diletakkan dalam pot besar disudut ruangan sebagai pemanis.

9.         Mistletoe

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Kaktus hias ini berasal dari Brazil dan memiliki bentuk yang unik. Biasanya orang Indonesia akan menggantung kaktus inin diteras rumah, ataupun beberapa sudut ruangan terbuka.

Tanaman hias gantung ini akan menjuntai kebawah dengan karakteristik tanaman yang membutuhkan kelembapan sedang. Maka dari itu, sesuaikan peletakan kaktus seperti didekat jendela atau pintu kaca supaya tetap mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dan tetap hidup.

10.       Tom thumb

Mau Tanam Kaktus Hias? Ini Jenisnya!

Tom thum memiliki bentuk yang mini dan seperti balok. Tanaman hias ini memerlukan cahaya matahari yang sangat cukup atau harus ditempatkan ditempat yang memiliki cahaya matahari terang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *