Matahari Rugi Rp358 Miliar Akibat COVID-19!

  • Whatsapp
Matahari Rugi Rp358 Miliar Akibat COVID-19

Garisatu.com – Pada semester 1 2020, PT Matahari Departement Store Tbk melaporkan penjualan kotor sebesar Rp3,9 triliun.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu penjualan tersebut turun 62,7 persen.

Emiten berkode saham LPPF tersebut membukukan pendapatan bersih sebesar Rp2,25 triliun yang berarti turun 62,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Dengan itu, di semester I 2020 perusahaan mencatat rugi bersih sebesar Rp358 miliar.

Manajemen mengatakan bahwa operasional di kuartal II 2020 terdampak oleh pandemi COVID-19 di keterangan resminya, Senin (3/8).

Pengurangan biaya yang dilakukan yakni keringanan sewa yang berdampak pada penurunan 53,8 persen dalam pengurangan operasional kuartal II 2020.

Namun Matahari mewujudkan beberapa rencana pembukaan toko baru di masa pandemi.

Perusahaan membuka tiga toko baru dengan luas masing-masing sekitar 6.000-7.000 meter persegi sepanjang semester I.

Satu toko beroperasi pada kuartal II 2020 di Palembang dan dua toko lainnya beroperasi pada Juli di Depok dan Tangerang.

Maka total gerai Matahari ada sebanyak 154 toko yang beroperasi di 76 kota.

Menurut CEO dan Wakil Presiden Direktur Matahari Terry O’Connor, perusahaan memang sempat menutup gerai yang memiliki kinerja buruk sebelum pandemi COVID-19 mulai.

“Sekarang, mengingat pandemi covid-19 yang sedang berlangsung serta upaya kami untuk merestrukturisasi bisnis, kami memutuskan untuk mempercepat penutupan toko-toko yang berkinerja buruk. Sampai saat ini, kami telah menutup enam toko format besar pada 2020,” kata dia.

Lanjut Terry, penjualan online Matahari menjadi fokus operasional perusahaan selama penutupan yang terdesak akibat pandemi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *