Masih Panas, Pemerintah India Blokir 118 Aplikasi Dari Cina

  • Whatsapp
Masih Panas, Pemerintah India Blokir 118 Aplikasi Dari Cina

Garisatu.comPemerintah India pada Rabu (2/9) kemarin, menggelar siaran pers untuk mengumumkan bahwa mereka melakukan pemblokiran terhadap 118 aplikasi yang dianggap berbahaya. Dan game populer seperti PUBG Mobile pun terkena imbasnya!

Pemerintah India Blokir 118 Aplikasi Dari Cina

a

PUBG Mobile, yang secara resmi terdaftar di Google Play sebagai PUBG Mobile Nordic Map: Livik, telah dilarang bersama dengan PUBG Mobile Lite. Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India sendiri memutuskan untuk melarang aplikasi tersebut, dengan alasan merugikan kedaulatan dan integritas, pertahanan, keamanan negara, dan ketertiban umum.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan AFK Gaming, pemerintah India menyatakan telah menerima banyak keluhan dari berbagai sumber, termasuk di antaranya laporan penyalahgunaan beberapa aplikasi seluler. Aplikasi sudah dilarang karena diduga mencuri dan diam-diam mentransmisikan data pengguna dengan cara yang tidak sah, ke server yang berlokasi di luar India.

Tindakan pemblokiran PUBG Mobile ini dinilai bisa menimbulkan konsekuensi yang parah di kancah industri game dan esports, yang sedang berkembang di negara itu.

Apalagi, popularitasnya membuat seluruh ekosistem, mulai dari pemilik tim, organisasi, penyelenggara turnamen, pembuat konten, streamer, influencer, dan pemain professional, tumbuh.

India sendiri menjadi negara dengan jumlah pemain tertinggi untuk judul tersebut, dengan lebih dari 175 juta unduhan. Larangan PUBG Mobile kini mengancam mata pencaharian banyak orang, dan bakal berdampak besar pada industri esports.

Langkah yang diambil pemerintah India terbilang mengejutkan, karena Perdana Menteri Narendra Modi baru-baru ini berbicara untuk mendukung industri game, mendorong terciptanya game berdasarkan budaya India. Pernyataan resmi yang dipublikasikan di situsnya membahas potensi industri game India, sebuah kategori yang juga mencakup video game.

Pernyataan itu memilih video game sebagai area fokus, mengakui perlunya “hackathon” yang melibatkan kaum muda dan pelajar, untuk mendorong inovasi dalam industri game negara.

Masih Panas Pemerintah India Blokir 118 Aplikasi Dari Cina 2

Modi pun menekankan bahwa India harus memanfaatkan potensi besar di bidang ini, dan memimpin sektor game digital internasional dengan mengembangkan game yang terinspirasi dari budaya dan cerita rakyat India.

Sementara itu, Aninews menerbitkan daftar 118 aplikasi yang di-ban oleh pemerintah India yang juga mencakup sejumlah mobile game. Di antaranya Dawn of Isles, Warpath, Mafia City, Arena of Valor, Soul Hunters, Mobile Legends: Pocket, dan MARVEL Super War.

Diketahui, pada Juni 2020 lalu, India juga melakukan pemblokiran terhadap 59 aplikasi asal Tiongkok dan dianggap sebagai langkah yang sangat kontroversial. Termasuk di antaranya platform berbagi video, Tik Tok. Mobile Legends: Bang Bang dan Clash of Kings pun termasuk ke dalam jajarannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *