Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan
Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Garisatu.com – Faktanya manfaat vegetarian pada kesehatan sangat banyak. Vegetarian merupakan istilah untuk menyebutkan pola makan yang tidak mengonsumsi daging, ikan, dan unggas. Vegetarian pun terbagi lagi menjadi beberapa jeni seperti vegetarian yang tidak mengonsumsi bawang, telur, susu, maupun olahannya. Gaya hidup atau pola hidup vegetarian dinilai membawa manfaat-manfaat vegetarian yang positif dari segi etika, lingkungan, kesehatan, dan kemanusiaan. Banyak orang juga sering menggunakan beberapa metode memanfaatkan vegetarian sebagai metode diet mereka, sebab dengan vegetarian kita cenderung mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan kolestrol, namun tinggi vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman sehat. 

Banyak orang yang masih bingung dengan istilah vegetarian dan vegan, seringkali vegan dikira sebagai singkatan dari vegetarian. Namun nyatanya kedua kata ini memang memiliki arti yang berbeda.

Bacaan Lainnya
Vegan vs Vegetarian – A New Vegetarian Lifestyle

Vegan dibagi menjadi beberapa jenis seperti lacto-ovo vegetarian, yang ‘anti’ dalam menyantap segala macam daging hewan, namun tetap mengonsumsi susu dan telur.

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Kemudian ada lacto vegetarian, yang menghindari segala macam daging dan telur hewan, namun tetap mengonsumsi susu. Terakhir ada ovo vegetarian dimana orang masih mengonsumsi telur, namun tidak menyantap daging serta susu hewan. Manfaat vegetarian tentu saja bervariatif.

Nah, sedangkan istilah vegan, bisa dikatakan sebagai versi yang lebih ketat daripada vegetarian. Orang yang menjalani vegan benar benar tidak mengonsumsi segala macam produk hewani, mulai dari daging, unggas, ikan, kerrang kerangan, susu, madu, serangga, protein hewani, hingga lemak yang diambil dari hewan.

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Lebih dari itu, manfaat vegan juga tidak menggunakan produk produk hewani dalam kehidupan sehari hari mereka seperti pakaian yang dibuat dari kulit ataupun bulu hewan. 

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Baik menjalani manfaat vegetarian ataupun manfaat vegan memiliki manfaat bagi kita, sebab pada umumnya kita akan lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau dan tidak mengonsumsi daging.

Berikut ini manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjadi vegetarian ataupun vegan:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Manfaat vegertarian yang satu ini jelas bekerja untuk si vegetarian. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah studi yang melibatkan 38 ribu orang dalam membuktikan ekfektivitas menjadi manfaat vegetarian dalam membantu menurunkan berat badan.

Studi ini berhasil membuktikan bahwa orang orang yang memanfaatkan vegetarian memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang menyantap daging serta produk hewani. Dengan begitu, berat badan pun menurun.

2. Tingkat kolestrol yang sehat 

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Kolestrol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan susu. Jika tingkat kolestrol didalam tubuh kita tergolong tinggi, maka dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan serius seperti serangan jantung dan stroke.

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Peneliti pun telah membuktikan bahwa pola hidup memanfaatkan vegetarian bisa menjaga tingkat kolesterol seseorang tetap sehat. Buktinya, mereka yang menjalani pola hidup yang memanfaatkan vegetarian, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) menjadi 30%.

Dalam studi itu, para responden hanya mengonsumsi kacang almond, protein kedelai, makanan berserat tinggi seperti gandum, dan margarin khusus dengan sterol nabati.

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

3. Menurunkan resiko kanker 

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Secara kesleuruhan, penelitian menunjukkan bahwa memanfaatkan vegetarian bisa menghindarkan anda dari resiko penyakit kanker jika dibandingkan dengan pemakan daging.

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Selain itu, pola makan manfaat vegetarian juga bisa membuat system kardiovaskular kamu menjadi lebih sehat karena dengan pola makan vegetarian ini anda akan dijauhkan dari ancaman penyakit diabetes tipe 2

4. Pikiran menjadi lebih tenang 

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Manfaat bervegetarian tidak hanya bisa kamu rasakan pada Kesehatan tubuh juga, namun juga bermanfaat bagi pikiran kamu. hal ini terjadi karena kamu tidak mengonsumsi daging dan cenderung mengonsumsi sayur dan kacang kacangan.

Sayur dan kacang bisa menghasilkan hormone serotonin yang dapat menghasilkan lebih banyak energi, membuat perasaan lebih tenang dan Bahagia, sehingga berdampak positif pada suasana hati. 

5. Baik untuk Kesehatan kulit 

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Siapa sangka menjadi seorang vegetarian juga bisa berinviestasi pada kulit mu? mengonsumsi sayuran segar dan mentah akan menghindarkanmu dari zat ages yang menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak pada perut.

Selain itu, sayuran dna buah buahan juga mengandung banyak mineral dan antioksidan yang ikut berperan dalam menjaga Kesehatan kulit. 

Itu dia manfaat dari menjadi seorang vegetarian yang bisa kamu dapatkan. Vegetarian sudah menjadi gaya hidup tersendiri pada masa sekarang, bahkan sudah banyak artis juga yang menjalani vegetarian demi pola hidup yang sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *