Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

  • Whatsapp
Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan
Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Garisatu.com – Saat tidur di malam hari, sebagian orang akan memilih lampu yang dimatikan dan sebagian lagi memilih lampu mereka tetap menyala. Sebab sebagian merasa takut jika mematikan lampu dan sebagiannya lagi merasa cahaya dari lampu terlalu terang sehingga tidak nyaman bagi mata. 

Namun apakah ada dampaknya tidur dengan lampu menyala ataupun lampu yang dimatikan? Ternyata penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan cahaya lampu yang dimatikan sangat baik bagi tubuh. 

Bacaan Lainnya

Seperti dilansir dari Mother Nature Network, semakin banyak penelitian menemukan bahwa tidur di malam hari dengan adanya cahaya buatan dari lampu atau ponsel dapat mengganggu tidur Anda yang menjadikan tubuh menjadi tidak sehat. 

Tidur dengan lampu yang dimatikan dianggap lebih baik  sebab siklus alami siang dan gelapnya malam selama 24 jam membuat ritme biologis tubuh selaras.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Untuk itulah saat malam hari, terutama pada waktu tidur, sangat baik bagi tubuh untuk berada di dalam gelap agar ritme biologis tersebut seimbang. 

Dari penelitian tersebut juga didapatkan hubungan antara tidur dengan cahaya buatan atau lampu, dengan masalah kesehatan seperti insomnia hingga kanker payudara. 

Hal itu dikarenakan terjadinya penekanan fungsi dari melatonin sebagai hormon utama yang mengendalikan siklus tidur dan bangun pada tubuh kita.

Cahaya pada malam hari bisa menekan sekresi melatonin, dan kurangnya melatonin telah dikaitkan dengan diabetes, obesitas, penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Lampu yang dimatikan sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Nah, tubuh kita memang didesaib untuk tidur dalam keadaan gelap dan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Seperti ini penjelasannya: 

1. Ritme sirkadian tubuh 

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Pada tubuh, terdapat ritme sirkadian yang diatur oleh jam tubuh alami.

Salah satunya, ritme sirkadian di dalam tubuh kita memengaruhi siklus tidur.

Jam di tubuh membantu kita bangun tidur di pagi hari dan tidur di malam hari dengan sinyal tertentu yang diterima oleh otak.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Seperti yang kalian rasakan saat terbangun di pagi hari akibat cahaya matahari yang masuk ke ruangan. 

Ini karena tubuh kita tahu kalau ada cahaya matahari, itu adalah saat untuk bangun tidur.

2. Membantu melepaskan hormon melatonin 

Hormon melatonin yang membuat kita bisa tidur akan dilepaskan lebih baik saat keadaan disekitar kita gelap atau lampu yang dimatikan. Hormon melatonin juga membantu mengendalikan pola tidur kita.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Pada malam hari, suhu tubuh akan menurun dan metabolisme tubuh melambat. Kemudian, produksi hormon meltonin pun meningkat. Jika tidur dengan lampu menyala, maka cahaya yang terang di kamar tidur akan menghambat keluarnya zat melatonin ini, karena meskipun dalam keadaan gelap dan lampu yang dimatikan, bagian kelopak mata kita tetap bisa mendeteksi cahaya, itu membuat otak jadi bingung apakah saat itu masih siang atau sudah malam. 

Kemudian ia menghambat produksi hormon melatonin yang membantu kita untuk tidur.

Nah, kalau kita tidur dalam ruangan yang gelap. Maka produksi hormon melatonin lebih baik sehingga kita pun bisa tidur dengan nyenyak.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Selain itu, ada proses lain juga yang terjadi pada tubuh jika kita tidur dalam ruangan yang gelap.

Bersumber dari The Conversation,saat berada dalam ruangan yang gelap, produksi hormon leptin akan meningkat di tubuh. Hormon leptin ini yang akan membantu mengendalikan rasa lapar. Sehingga, adanya hormon leptin pun bisa membantu mencegah kita merasa lapar di malam hari.

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Selain itu, manfaat lain dari tidur dengan lampu mati ialah sebagai berikut. 

1. Mengurangi depresi 

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Seperti yang dilansir dari National Sleep Foundation, studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan bahwa tidur di ruangan yang terang akan lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan tidur di ruangan yang gelap. 

Selain itu, gangguan tidur juga berkaitan erat dengan risiko depresi. Pencahayaan redup di malam hari akan meningkatkan perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi pada manusia. Hal ini dapat terjadi melalui ritme sirkadian yang terganggu atau penekanan melatonin. 

2. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Tidur dengan cahaya redup bisa meningkatkan kualitas tidur karena kondisi yang redup akan memberikan sinyal pada tubuh yang menunjukkan ini ialah waktu untuk tidur. Disaat kita mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup tidur, hal ini dapat bermanfaat pada kesehatan kulit, termasuk di bagian sekitar area mata.

Kurang tidur bisa membuat kulit lebih mudah kusam, pucat, serta lebih cepat muncul kerutan. Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata dan mata merah bisa terjadi karena kurang tidur. 

3. Menunjang kesehatan reproduksi 

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Paparan cahaya pada saat tidur di malam hari ternyata bisa mengganggu siklus menstruasi pada perempuan. Paparan cahaya dan siklus tidur yang tidak teratur dapat mengganggu kesuburan perempuan dan pria dari waktu ke waktu. 

4. Mengurangi resiko obesitas 

Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Dimatikan

Cahaya redup saat tidur di malam hari bisa mengatur ulang ritme fisik, seperti jadwal makan. Pada orang yang tidur dalam ruangan dengan cahaya terang cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi. 

Itu lah manfaat manfaat tidur dengan lampu mati, selain manfaat diatas, kita secara tidak langsung juga bisa menghemat listrink lho!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *