Manfaat Teknik Uap Wajah

  • Whatsapp
Manfaat Teknik Uap Wajah
Manfaat Teknik Uap Wajah

Garisatu.com – Apakah salah satu dari kalian pernah mencoba Teknik steam wajah atau uap wajah untuk kecantikan kulit wajah?  Teknik ini ternyata di percaya baik bagi wajah kita lho.

Metode ini pun mudah karena hanya membutuhkan baskom berisi air panas saja. Ada beberapa manfaat dari uap wajah yang bisa kamu dapatkan. Simak penjelasan dibawah ini yuk!

Bacaan Lainnya

How to Do a Steam Facial: 13 Steps (with Pictures) - wikiHow

1. Membersihkan pori pori 

Murah Meriah, Anda Bisa Kecilkan Pori-pori Pakai Baking Soda, Coba Yuk!

Uap air panas yang diarahkan pada bagian wajah bisa membuka pori pori sehingga membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam pori pori. Membuka pori prosi wajah sama dengan melembutkan komedo sehingga akan membuat komedo lebih mudah untuk diangkat.

Selain itu memungkinkan juga bagi sel kulit mati dan kotoran kotoran lain ikut terangkat dari wajah. Apabila pori pori kita bebas dari kotoran, maka juga menurunkan kemungkinan tumbuhnya jerawat. 

2. Meningkatkan sirkulasi 

Gaya Hidup | Cukup 5 Menit, Teknik Pijat Ini Bisa Bikin Wajah Makin Kinclong

Kombinasi antara uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran ini akan memberikan nutrisi kepada kulit dan membuat aliran darah menjadi lebih lancer. Sehingga oksigenyang diangkut didalam darah bisa terdistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh termasuk ke bagian wajah. 

3. Meluruhkan minyak yang terperangkap 

7 Cara Melawan Minyak Berlebih di Wajah Anda - Womantalk

Kelenjar sebaceous merupakan kelenjar didalam jaringan kulit yang berfungsi untuk memproduksi minyak secara alami atau yang disebut sebagai sebum. Minyak yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini sebenarnya memiliki peranan penting yakni melumasi kulit dan rambut.

Namun jika sebum atau minyak terperangkap di bawah permukaan kulit, sebum akan menjadi tempat perkembang biakan bakteri yang menyebabkan pertumbuhkan komedo ataupun jerawat. Dengan bantuan uap hangat dari metode uap wajah, akan membantu meluruhkan minyak minyak yang terperangkap didalam permukaan kulit. 

4. Menghidrasi kulit 

5 Skincare untuk Menghidrasi Kulit Wajah Selama Puasa | Popmama.com

Metode uap wajah bisa membantu melembabkan kulit sehingga terhindar dari kekeringan. Tidak hanya berasal dari uap airnya saja, permukaan wajah akan melembab karena uap juga membantu produksi minyak alami pada wajah. Namun jangan khawatir sebab minyak alami ini tidak akan menyumbat pori pori jika anda bergegas untuk mencuci muka. 

5. Membantu kulit menyerap produk lebih baik 

Mulai dari Menghidrasi Hingga Mencegah Penuaan Dini, Ini 5 Manfaat Vitamin  B5 untuk Kulit yang Perlu Diketahui - Beauty Journal

Manfaat yang satu ini mungkin jarang diketahui oleh oran, namun uap hangat yang diarahkan ke wajah mampu meningkatkan permeabilitas kulit.

Permeabilitas sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki membrane untuk meloloskan sejumlah partikel yang menembus atau melaluinya. Disaat kemampuan ini meningkat, produk yang kamu oleskan diwajah akan otomatis terserap dengan baik sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari produk tersebut. 

Manfaat Teknik Uap Wajah

6. Meningkatkan produksi kolagen dan elastin 

Penuaan Dini: Penyebab dan Cara Mencegahnya Halaman all - Kompas.com

Siapa yang tidak tahu jika kolagen merupakan kunci penting dalam kulit yang sehat? Aliran darah yang meningkat pada saat menguapi wajah ternyata bisa mengencangkan kulit sehingga membuat kamu terlihat lebih muda. Pasalnya, kolagen dan elastin wajah akan meningkat produksinya. 

Itu merupakan manfaat manfaat menguapi wajah. Selain memiliki manfaat bagi wajah, Teknik ini juga berfungsi pada tubuh kita yakni bisa membuat tubuh terasa lebih rileks. Sensasi ini bisa kamu dapatkan dengan maksimal jika menambahkan rempah rempah atau minyak esensial kedalamnya. 

Hal hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam uap wajah adalah jangan menggunakan air yang terlalu panas, sebab uap air yang terlalu panas dan jarak yang terlalu dekat bisa menyebabkan luka bakar serius. Maka dari itu, pastikan kulit kamu bisa menoleransi suhu uap yang kamu gunakan. Orang dengan rosacea juga tidak disarankan untuk menguapi wajah. Panas yang dihasilkan dari uap bisa melebarkan pembuluh darah yang akan membuat wajah pengidap rosacea semakin memerah.

Kamu bisa melakukan uap wajah dengan mudah. Bisa menggunakan face steamer atau menggunakan cara sederhana seperti dibawah ini jika kamu tidak memiliki face steamer. 

1. Pertama, bersihkan wajah kamu terlebih dulu.

2. Kemudian panaskan air hingga mendidih 

3. Tuang air kedalam wadah yang cukup besar, bisa lebih besar dari pada wajah kamu 

4. Teteskan beberapa minyak esensial jika kamu ingin 

5. Kemudian dekatkan wajah dengan wadah berisi air panas dan tutupi seluruh bagian kepala kamu dengan handuk supaya kamu bisa merasakan uapnya secara optimal. Diamkan selama 10 menit 

6. Setelah itu kamu bisa menggunakan masker wajah seperti biasa untuk mengoptimalkan pengangkatan kotoran diwajah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *