Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Garisatu.com – Buah jambu biji atau jambu batu, jambu siki, dan jambu klutuk merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Kemudian disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah dengan kulit berwarna hijau dan daging buahnya warna putih atau merah dengan rasa asam manis. 

Tidak semua orang menyukai buah ini, namun khasiat yang diberikan oleh buah ini dapat mencegah berbagai macam penyakit lho. Jambu biji termasuk buah yang sangat popular di Indonesia dan mudah ditemukan. Biasanya yang umum dikonsumsi ialah jambu biji yang berwarna merah. 

Bacaan Lainnya

Buah jambu merah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin c, vitamin a, kalium, antioksidan, dan ada juga serat, zat besi, protein, magnesium, dan folat, meskipun dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Kamu dapat mengonsumsi buah jambu merah ini dengan teratur untuk mendapatkan khasiat khasiat dibawah ini, jika kamu tidak menyukai buahnya, kamu bisa mengakalinya dengan membuat jus jambu. 

1. Meningkatkan imunitas tubuh 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Jambu biji atau jambu merah merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Ini membuat buah ini mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. kandungan vitamin c di dalam jambu merah bahkan melebihi jeruk. 

Vitamin c didalam jambu merah juga dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit infeksi. Selain itu vitamin c juga berperan dalam menjaga Kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh dalam menyerpa zat besi. 

2. Melancarkan slauran pencernaan 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan serat yang tinggi didalam jambu merah membuat buah ini bisa membantu melancarkan system pencernaan kita, mencegah sembelit, dan juga memastikan bahwa kuman baik didalam saluran pencernaan kita tetap terjaga. 

3. Mencegah kanker 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Zat antioksidan flavonoid dan fitonutrien didalam jambu merah efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin c dosis tinggi sebagai antioksidan yang terdapat didalamnya juga dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan ini tidak hanya terdapat di buahnya saja, namun bisa kamu dapatkan di daunnya juga. 

4. Menurunkan tekanan darah dan kolestrol 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan jambu merah yang berperan dalam menjaga tekanan darah pada tubuh ada pada kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak Kesehatan tekanan darah. Buah ini snagat direkomendasikan untuk penderita darah tinggi.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi buah jambu merah dapat menurunkan kolestrol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini didapatkan dari vitamin, serat, dan antioksidan didalam buah ini. 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah dan mengatasi diabetes 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Secara medis, buah jambu merah ini terbukti untuk mencegah lonjakan gula, dan ini merupakan obat alami bagi penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian juga dibuktikan bahwa jambu biji dapat mengurangi gejala diabetes secara signifikan, mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi. Untuk memastikannya kamu bisa mengonsultasikan kepad dokter sebelum mengonsumsinya. 

6. Mencegah demam berdarah 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut penelitian, ekstrak daun jambu merah diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus diyakini dapat menurunkan resiko pendarahan pada penderita DBD dan dapat meningkatkan jumlah trombosit juga.

Namun hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Masih diperlukan konsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatan dan dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

7. Menyehatkan mata 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin a merupakan vitamin yang baik bagi mata dan kulit. Dan kandungan vitamin a bisa kamu temukan dalam jambu merah. Buah ini bisa mencegah infeksi mata dan penyakit mata.

Selain itu, vitamin a juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel sel tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan membuat kulit tetap sehat. 

8. Menyehatkan kulit 

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Manfatanya yang satu ini juga karena vitamin a didalam buah. Baik kulit wajah maupun kulit tubuh. antioksidan yang tinggi didalam buah ini juga mampu mengeluarkan senyawa radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mencegah penuaan dini. 

Itulah manfaat manfaat jambu merah yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa memotong dan memakan dagingnya atau jadikan jus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *