Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

  • Whatsapp
Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini
Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Garisatu.com – Manfaat dari cuka apel sangat banyak. Cuka apel merupakan cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi, biasanya digunakan didalam saus salad, bumbu perendam, vinaigrettes, pengawet makanan, dan chutney. Cara buatnya ialah apel dihancurkan, kemudian diperas sarinya, lalu ditambahkan bakteri dan juga ragi untuk memulai proses fermentasi alcohol, yang dimana mengubah gula menjadi alcohol, lalu pada tahap fermentasi kedua, alcohol diubah mejadi cuka oleh asam asetat-bakteri pembentuk.

Manfaat dari cuka apel ini sudah dikenal sejak Yunani Kuno dan menjadi salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli Kesehatan dimasa lalu.

Bacaan Lainnya
Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Hingga kini pun perkembangan manfaat dari cuka apel cukup pesat, bahkan bisa digunakan dalam dunia kecantikan, sebagai toner untuk mengurangi jerawat, hingga tips menurunkan berat badan dengan cuka apel, namun apakah manfaat dari cuka apel benar benar efektif dalam mengatasi ini semua?

Simak penjelasan dibawah ini yuk !

1.         Cuka apel bisa mengontrol gula darah dan nafsu makan

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Dari sebuah studi yang dilakukan, menemukan bahwa manfaat dari cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 19 hingga 34 persen.

Hal tersebut membuat asupan gula yang kita dapatkan dari mengonsumsi makanan bisa terserap dengan baik, sehingga kadar gula tetap seimbang dan cuka apel bisa menekan rasa lapar dari makanan makanan manis serta karbohidrat.

2.         Cuka apel bisa mengurangi lemak perut

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadpa 175 orang yang mengalami obesitas, ditemukan hasil bahwa partisipan yang mengonsumsi satu makan cuka apel per hari mengalami penurunan berat badan rata rata 1,7 kilogram.

Sementara pada partisipan yang mengonsumsi dua sendok manfaat dari cuka apel per harinya mengalami penurunan berat badan rata rata 1,67 kilogram.

Selain penurunan berat badan, dilaporkan juga kedua kelompok tersebut mengalami penurunan lemak visceral, yaitu lemak yang berbahaya penyebab perut buncit dan sering dikaitkan dengan penyakit penyakit kronis akibat obesitas.

3.         Cuka apel bisa melancarkan pencernaan

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Jika kamu sering mengalami masalah masalah pencernaan seperti sembelit mengonsumsi cuka apel bisa menjadi cara mengatasinya.

Sebab cuka apel merupakan obat diuretic alami yang bisa membantu mengatasi maslah perut kembung dna juga konstipasi pada kebanyakan orang.

Dengan begitu, perut kamu bisa menjadi lebih nyaman, lebih langsing dan sehat.

Meskipun banyak sumber yang mengatakan bahwa cuka apel baik untuk diet, namun kamu juga perlu tahu bahwa cuka apel mengandung asam yang cukup tinggi yang bisa merusak email gigi hanya dalam hitungan jam serta berpotensi menyebabkan rasa terbakar pada tenggorokan jika langsung disantap begitu saja.

Jadi, sebaiknya konsumsi cuka apel yang sudah dicampur dengan makanan lain seperti cuka apel dengan madu, sebagai dressing salad atau mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air.

Kamu pun tidak bisa menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan.

Untuk hasil yang maksimal, kamu tetap perlu melakukan perubahan pola makan dan olahraga secara rutin dan konsisten.

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Jika mengonsumsi cuka apel yang berlebihan juga bisa menimbulkan beberapa efek samping terhadap tubuh, yakni seperti :

1.         Memperlambat pengosongan perut

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Cuka ape membantu mencegah lonjakan gula darah dengan mengurangi kecepatan makanan dicerna.

Nah, jika mengonsumsi cuka apel berlebihan makam bisa menyebabkan proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan ke aliran darah menjadi lebih lambat.

Penelitian yang dilaporkan dalam Bio Med Central menyatakan bahwa minum air putih dengan 2 sendok makan (30 ml) cuka dari apel bisa meningkatkan jumlah waktu makanan yang tertinggal di perut, dibandingkan dengan minum air putih saja.

2.         Gangguan pencernaan

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Karena sifat asam dari cuka ini membuatnya bisa mempengaruhi kondisi maag atau menyebabkan mual pada sebagian orang.

Oleh karena itu, orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan atau memiliki kesulitan menelan tidak disarankan untuk menggunakan cuka dari apel ini.

3.         Masalah gigi

Manfaat Dari Cuka Apel, Mitos Atau Fakta? Simak Disini

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan dan minuman yang asam bisa merusak enamel gigi.

Jika ini terjadi terus terusan maka bisa menyebabkan gigi berlubang. Apalagi cuka dari apel yang tidak dilarutkan, ini dapat merusak gigi ketika dikonsumsi secara langsung.

Selain itu, dalam jumlah yang tinggi dan jangka waktu lama, sari cuka dari apel dapat memberikan efek warna kekuningan di gigi dan membuat gigi jadi sensitif.

Itu lah informasi seputar manfaat dan juga efek samping dari cuka apel yang perlu diketahui.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan cuka apel dengan bijak untuk meminimalisir efek samping dan resiko yang tidak diinginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *