Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

  • Whatsapp
Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!
Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Garisatu.com – Cuaca yang dingin biasanya membuat orang akan mager (malas gerak). Orang akan memilih untuk membalut dirinya didalam selimut dibandingkan beraktifitas, apalagi berolahraga. Padahal, olahraga merupakan aktifitas yang tetap dibutuhkan baik saat cuaca dingin ataupun panas. Dan jarang diketahui, bahwa olahraga saat cuaca sedang dingin bisa memberikan beberapa manfaat lho. Simak manfaat dari olahraga saat cuaca dingin bagi kamu yang bermalas malasan dirumah. 

1. Lebih mudah meningkatkan intensitas latihan 

Bacaan Lainnya
Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Cuaca yang panas dan sifat kelembapan akan membuat kamu lebih sulit dalam meningkatkan intensitas atau jarak tempuh baik saat kamu berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda. Sementara, jika cuaca sedang dingin, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan intensitas latihan karena kamu mengalami tekanan yang berbeda.

Selain itu, suhu yang lebih dingin mungkin sesuai dengan yang kamu butuhkan. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise, pelari maraton mencatat waktu yang semakin buruk seiring dengan peningkatan suhu. Jadi, akan lebih mudah bagi kamu untuk meningkatkan latihan pada saat cuaca dingin.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Cuaca dingin kerap diidentikkan dengan penyakit yang dialami banyak orang seperti flu, batuk, dan sebagainya. Namun pada nyatanya, kedinginan tidak akan membuat kamu masuk angin. Menurut penjelasan laman WebMD, yang membuat kamu merasa lesu atau sakit sebenarnya ialah virus, bukannya paparan suhu dingin.

Oleh karena itu, kamu tetap wajib berolahraga saat cuaca sedang dingin. Sebab, olahraga terbukti bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit terutama saat cuaca sedang dingin.

3. Membakar lebih banyak lemak 

Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Ketika kamu berolahraga pada cuaca yang dingin, tubuh akan mulai mengubah sel lemak putih yang biasanya digunakan untuk penyimpanan energi menjadi sel krem yang mencair menjadi kalori.

Para peneliti di CU Sports Medicine and Performance Center di Colorado, Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa paparan dingin secara teratur bisa menyebabkan metabolisme beralih dari pembakaran karbohidrat yang didominasi ke pembakaran lemak.

Hal tersebut setara dengan melakukan latihan kardio ekstra selama tujuh jam per minggu. Ini akan sangat efektif dalam membakar lemak bukan?

4. Memperkuat sistem kardiovaskular 

Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Sistem kardiovaskular memiliki fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey, olahraga di luar ruangan bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga dengan 27 persen.

Lebih lanjutnya lagi berolahraga dalam cuaca dingin akan menantang tubuh lebih jauh dan dapat membantu memperkuat jantung yang sehat. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi orang yang sudah memiliki masalah jantung.

Cuaca dingin menyebabkan tubuh terus melakukan adaptasi halus, seperti pembuluh darah yang menyempit, dan jantung serta paru-paru bekerja lebih keras.

Ini akan membantu meningkatkan fungsi aerobik otot, yang berarti otot menerima lebih banyak oksigen selama latihan. Akan tetapi, jantung yang tidak sehat mungkin akan mengalami kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga olahraga pada cuaca dingin lebih cocok bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan. 

Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

5. Mengendalikan perasaan sedih ketika cuaca dingin 

Manfaat Berolahraga Saat Cuaca Dingin, Jangan Mager!

Saat cuaca terasa dingin dan intensitas cahaya matahari berkurang, sebagian orang akan menderita gangguan afektif musiman (seasonal affective disorder atau SAD, atau dikenal juga sebagai sesonal depression). 

Masalah ini umumnya dialami oleh orang-orang yang tinggal di negara subtropis, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang-orang yang hidup di negara tropis.

Dilansir dari Shape, lari bisa membantu melepaskan hormon yang membantu memerangi SAD, meningkatkan suasana hati yang positif selama bulan-bulan cuaca dingin. Ditambah, berlari di luar ruangan bisa membantu meningkatkan suasana hati, sehingga mencegah depresi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology menemukan bahwa individu yang berolahraga di luar ruangan melaporkan peningkatan energi, penurunan perasaan depresi, dan lebih mungkin untuk mengulangi latihan.

Itulah manfaat manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berolahraga saat cuaca dingin. Olahraga apa pun lebih baik dibandingkan tidak berolahraga sama sekali, tetapi olahraga di luar ruangan saat udara dingin dapat meningkatkan manfaat latihan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut dengan menggunakan cuaca yang dingin sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *