Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

  • Whatsapp
Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?
Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Garisatu.com – Sebagian dari kalian tentu pernah dinasehati apabila mandi malam hari. Memang ada rumor bahwa mandi terlalu malam bisa berbahaya bagi tubuh dan memicu masalah kesehatan. Lantas apakah hal itu benar adanya? 

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan bahaya dari mandi terlalu malam, cukup banyak orang tetap memilih mempercayai nya. Mandi terlalu malam dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi tubuh sehingga menyebabkan tubuh lebih rentan terserang penyakit. Mitos terkait mandi malam adalah bisa terserang penyakit rematik. Hal ini sebatas mitos belaka, malah yang terjadi adalah sebaliknya, jika rutin mandi pada malam hari dengan air hangat disebut bisa membantu meringankan gejala rematik. Hal ini hanya berlaku untuk orang dewasa. 

Bacaan Lainnya
Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Mandi malam hari tidak disarankan sama sekali untuk bayi. Kebiasaan memandikan bayi terlalu malam disebut bisa meningkatkan risiko bayi mengalami hipotermia. Hipotermia merupakan kondisi ketika temperatur tubuh mengalami penurunan secara drastis, hingga di bawah 35 derajat Celsius. Risiko kondisi ini meningkat karena bayi cenderung rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya.

Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Bayi rentan mengalami hipotermia karena kemampuan tubuhnya belum sempurna dalam mengatur suhu. 

Waspadai jika bayi mengalami gejala, seperti napas menjadi lebih cepat, tubuh pucat, gemetar, serta suhu tubuh berubah menjadi dingin. Jika ini yang terjadi, sebaiknya segera cari bantuan medis untuk mengatasinya, apalagi jika bayi mengalami hal tersebut setelah mandi atau terkena air dingin.

Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Disamping rumor yang beredar tentang bahaya mandi malam hari, ternyata mandi malam malah mempunyai manfaat tersendiri lho. Pada kondisi tertentu, seseorang akan dianjurkan untuk mandi pada malam hari, misalnya jelang menjalani operasi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelum tindakan operasi dilakukan.

Mandi malam juga dianjurkan untuk dilakukan pada orang yang banyak berkeringat di siang hari atau saat beraktivitas. Mandi malam setidaknya bisa membantu membersihkan kulit dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Jika kamu ragu dan ingin menghindari dampak buruk dari mandi malam, kamu bisa menggunakan air hangat saat mandi. Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman, rileks, dan merangsang rasa kantuk. Namun, kamu tetap bisa menggunakan air biasa jika kamu merasa lebih nyaman. 

Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Tetapi tetap dilarang jika kamu mandi malam hari dalam kondisi sedang sakit, tidak disarankan juga untuk mandi malam terlalu sering, karena dapat meningkatkan resiko penuaan dini hal ini terjadi apabila mandi dengan air dingin. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak akan kuat rangsangan air dingin ketika kita mandi di malam hari, ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

Mandi Malam Hari: Bahaya Atau Mitos?

Dan apabila kamu memiliki keluhan atau masalah kesehatan tertentu, biasakan untuk selalu berdiskusi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mandi di malam hari. Hal itu penting untuk mencegah efek buruk yang tidak diinginkan.

Kamu juga harus memperhatikan jam saat kamu hendak mandi, ada beberapa waktu yang tidak baik digunakan untuk mandi. Simak penjelasannya dibawah ini. 

1. 30 menit setelah salat Asar 

30 menit setelah salat Asar merupakan waktu dimana darah di dalam diri kita sedang panas.

Nah, jika kita mandi ketika itu, akan menyebabkan badan menjadi lelah dan terasa penat untuk melakukan pekerjaan.

2. Setelah maghrib

Setelah Maghrib, jantung kita sudah mulai lemah untuk melakukan pekerjaan.

Jadi, kajian menunjukkan bahwa ketika ini jika kita mandi akan menyebabkan paru-paru boleh dimasuki air dan bisa menyebabkan paru-paru basah.

3. Setelah Isya hingga jam 12 malam 

Setelah salat isya, ini saatnya jantung kita beristirahat. Jika mandi pada saat ini akan mengakibatkan kerusakan jantung akibat kemasukan air.

Sebaiknya, mandi setelah 1 jam dari jam 12 malam, yakni antara pukul 2 – 3 pagi, itu akan lebih memberikan energi kepada badan seperti mana baterai yang telah lemah diisi kembali seperti semula.

Itulah informasi seputar mandi malam hari, kamu bisa memastikannya dengan dokter untuk informasi yang lebih akurat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *