10 Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

  • Whatsapp
Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster
Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Garisatu.com – Asi booster merupakan suplemen tambahan bagi ibu menyusui untuk membantu menambah produksi asi. Asi booster bisa berupa bentuk suplemen, atau bisa juga dalam bentuk yang lain dari lingkunga sekitar juga. Asi booster bisa berasal dari dukungan suami dan sayur mayur yang dikonsumsi.

Asi sendiri merupakan satu satunya sumber gizi baik yang didapatkan oleh bayi pada saat kelahirannya, maka dari itu sangat penting bagi ibu menyusui untuk tetap memperhatikan produksi asi. 

Bacaan Lainnya

Tidak seidikit juga busui (ibu menyusui) yang bergejolak dengan permasalahan sepuat asi, misalnya asi yang diproduksi lebih sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan si kecil.

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Untuk mengatasi hal ini, ibu perlu mengetahui apa penyebab berkurangnya asi supaya bisa membantu mengatasi masalah yang terjadi. 

Namun biasanya ibu sering beralih ke susu formula disaat asi berkurang atau tidak keluar, padahal sebenarnya susu formula tidak bisa sepenuhnya menggantikan asi. Sebab asi mengandung nutrisi nutrisi penting seperti zat antibody yang bisa meningkatkan system kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, asi juga lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan susu formula. Nah, ibu bisa meningkatkan Kembali produksi asi jika dengan cara yang tepat lho, tidak susah, meningkatkan produksi asi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan makanan tertentu seperti dibawah ini, yuk simak!

1. Barley 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Ada yang beranggapan bahwa alcohol bisa menjadi asi booster, namun ada pula yang membantah anggapan tersebut. Untuk yang lebih pastinya, komponen didalam bir yang mungkin bisa mendorong produksi asi ialah barley.

Barley merupakan sumber makanan terkaya dari beta glucan dan polisakarida yang telah terbukti untuk meningkatkan kadar prolactin atau dikenal sebagai hormone menyusui pada manusia maupun hewan. Ibu bisa menggunakan barley sebagai asi booster dengan menambahkannya kedalam sup, semur, salad, atau bahkan risotto.

Bisa juga menggunakan serpihan barley untuk membuat susu atau tambahkan kedalam resep roti buatan ibu. 

2. Oatmeal atau susu oat 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Oat termasuk kedalam biji bijian dari gandum utuh yang mewrupakan sumber zat besi. Dimana setengah cangkir oat kering mengandung hamper 2mg zat besi atau sekitar 20% dari kebutuhan ibu menyusui perharinya.

Ibu bisa mencoba mengonsumsi oat baik dalam bentuk oatmeal dengan milk latte atau oat cookiesuntuk menjadi booster asi. Tidak hanya itu, ibu juga bisa menambahkan buah buahan kedalam oatmeal dan menggunakan granola atau meatloaf sebagai sumber inspirais menu menu yang lebih variative. 

3. Fenugreek atau kelabat 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Fenugreek atau kelabat disebut sebut sebagai galactagogue atau asi booster yang ampuh. Hal ini dikarenakan fenugreek mengandung senyawa seperti estroge yang dianggap dapat meningkatkan aliran asi.

Menurut Canadian Breastfeeding Foundation, manfaat fenugreek sebagai booster asi bisa dirasakan jika dikonsumsi selama minimal 7 hari. Kemudian dalam sebuah penelitian kecil juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi the fenugreek selama tiga kali sehari bisa menghasilkan asi yang lebih banyak secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun beberapa efek samping yang perlu diperhatikan jika mengonsumsi fenugreek dalam kadar banyak ialah bisa menyebabkan diare, baik pada anak maupun ibu, urine berbau, asma, dan dapat memperburuk asma. 

4. Sereal atau gandum utuh 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Selain barley dan oat, gandum utuh serta beras merah juga kaya akan kandungan beta glucan. Gandum utuh juga mengandung karbohidrat, serat, asam folat, serta zat besi yang bagus untuk meningkatkan kualitas asi.

Tepung putih dan nasi putih juga tidak memiliki manfaat yang sama dengan gandum utuh dan beras merah. Oleh karena itu, ibu bisa mengganti tepung putih dengan tepung gandum saat membuat roti, pancake, muffin, atau kreasi makanan lainnya. 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

5. Pepaya 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Buah yang umum kita temui ini bisa menjadi asi booster yang baik lho. Para ahli pun banyak yang berpendapat bahwa pepaya sangat baik untuk reproduksi asi didalam tubuh wanita. Selain itu kandungan vitamin yang terkandung didalam buah pepaya juga sangat berguna bagi ibu menyusui. 

6. Daging tanpa lemak 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Selain sayur, gandum dan rempah, daging tanpa lemak juga bisa menjadi asi booster seperti daging sapi, domba, dan unggas lain. Daging tanpa lemak ini merupakan sumber zat besi.

Karena dapat memberikan pasokan mineral yang berlebih, mengonsumsi daging tanpa lemak ini bisa ibu coba dalam meningkatkan produksi asi. 

7. Daun bayam dan bit 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Daun bayam dan bit juga termasuk salah satu yang mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat. Dimana kandungan kandungan tersebut juga penting untuk memulihkan kondisi ibu yang anemia dan bisa membuat sikecil menjadi lebih kuat. Didalam bayam juga mengandung bahan kimia tumbuhan tertentu yang dapat membantu mencegah kanker payudara. 

8. Almond 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Kacang almon dipenuhi dengan nutrisi omega 3 dan juga vitamin e yang membantu dalam penyembuhan gatal akibat stretchmark pasca kehamilan. Sementara omega 3 mampu membantu meningkatkan hormone laktasi untuk memproduksi lebih banyak susu. Ibu bisa membuat susu almond atau menambahkan kacang almon kedalam oatmeal saat sarapan. 

9. Salmon

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Salmon merupakan sumber EFA (asam lemak esensial) dan omega 3 yang bagus. Kedua komponen itu sangat bergizi dan penting untuk ibu menyusui. Mengonsumsi salmon juga akan meningkatkan hormone untuk memproduksi asi dan meningkatkan kualitas asi. 

10. Air dan jus 

Makanan Yang Berfungsi Sebagai Asi Booster

Mengonsumsi air putih atau jus bisa meningkatkan kualitas asi bahkan meningkatkan total volume asi. Air putih juga bisa mencegah ibu dari dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang akibat menyusui. Rutin lah mengonsumsi air putih setiap harinya untuk tetap menjaga kondisi tubuh. 

Meskipun secara keseluruhan, belum banyak bukti yang mendukung gagasan bahwa suplai asi dapat meningkat dengan mengonsumsi makanan makanan tertentu, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa bahan tertentu mungkin bermanfaat.

Salah satu kunci asi booster juga adalah kondisi mental ibu. Banyak ibu menyusui yang yakin bahwa disaat kondisi ibu senang dan tidak stress, dapat meningkatkan produksi asi. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *