Makanan Untuk Meredakan Asma

  • Whatsapp
Makanan Untuk Meredakan Asma
Makanan Untuk Meredakan Asma

Garisatu.com – Kondisi asma bisa menganggu bahkan membahayakan hidup kit ajika tidak diatasi segera. Asma merupakan kondisi ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir berlebih sehingga menyulitkan kita bernafas. Gejala gejala yang bisa muncul juga mencakup nyeri dada, batuk, dan napas berbunyi.

Asma dapat disebabkan oleh debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia. Namun, hingga kini penyebab dari asma belum diketahui secara pasti. Pengidap asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitive.

Bacaan Lainnya

Untuk mengatasi asma, bisa menggunakan obat obatan dokter, atau biasanya, penggunaan inhaler bisa berpengaruh. Namun inhaler juga bisa menyebabkan efek samping.

Makanan Untuk Meredakan Asma

Selain dari luar, kita juga bisa membantu mencegah asma dengan mengonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar oksigen didalam tubuh dan membuat kondisi Lorong udara menjadi lebih baik untuk bernafas.

Berikut ini merupakan makanan makanan yang bisa membuat pernapasan menjadi lebih baik, seperti yang dilansir dari The Healthy.

1.         Apel

Makanan Untuk Meredakan Asma

Buah apel memiliki kandungan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal baik untuk mengurangi peradangan pada Lorong udara, yang merupakan fitur umum dari asma dan mengi.

2.         Minyak zaitun

Didalam minyak zaitun terdapat lemak mono dan tak jenuh, serta fitonutrien yang sangat bagus untuk kulit, rambut, jantung, dan juga Kesehatan paru paru.

Faktanya, minyak zaitun bisa membantu melawan resiko Kesehatan yang berkaitan dengan polusi udara seperti peningkatan tekanan darah, gangguan pembuluh darah, dan factor lain yang membuat pernafasan lebih sulit.

3.         Kopi

Makanan Untuk Meredakan Asma

Dr Mensch mengatakan bahwa kafein merupakan bronkodilator ringan, namun tetap tidak bisa dibandingkan dengan inhaler. Kopi tidak hanya memberikan dorongan pada otak, tetapi juga bisa meringankan gejala asma.

Mengonsumsi kopi pada pagi hari memang bisa meningkatkan pernafasan, tetapi efeknya tidak berlangsung lama.maka dari itu, penting bagi pengidap asma untuk tetap membawa inhaler sebagai pertolongan.

4.         Salmon

Ikan salmon terkenal sebagai makanan sehat dan ampuh dalam menurunkan berat badan. Namun ternyata asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam salmon juga bisa membantu mengurangi peradangan pada paru paru dan melawan bakteri.

5.         Teh hijau

Makanan Untuk Meredakan Asma

Secangkir teh hijau memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. muali dari antioksidan yang menenangkan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan yang lebih baik.

Teh hijau juga memiliki kandungan senyawa kuersetin yang merupakan antioksidan untuk melawan peradangan yang bisa menyebabkan gejala alergi. Teh hijau panas juga bagus untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru paru dari iritasi dengan menyiram selaput lendir.

Makanan Untuk Meredakan Asma

6.         Biji bijian

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, namun biji bijian memiliki manfaat yang besar dalam mencapai Kesehatan paru yang optimal. Biji labu, biji bunga matahari, dan biji rami memiliki kandungan magnesium yang berlimpah serta mineral penting bagi penderita asma.

Magnesium membantu otot otot pada saluran udara rileks dan mengurangi peradangan, dan mempermudah kita dalam bernafas.

7.         Sayuran silangan

Sayuran jenis cruciferous atau silangan seperti brokoli, brussel, kangkung, dan kembang kol bisa membantu mengurangi risiko kanker paru-paru. Sebuah studi dalam Journal of the National Cancer Institute menunjukkan, wanita yang mengonsumsi lebih dari lima porsi buah dan sayuran, termasuk sayuran silangan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Ini karena sayuran ini kaya akan glukosinolat, senyawa alami yang telah ditemukan untuk menghambat perkembangan beberapa jenis kanker pada hewan dan manusia.

8.         Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan, orang yang makan bawang putih mentah, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker paru-paru.

Lebih lanjut, perokok yang makan bawang putih mentah memiliki risiko kanker paru-paru 40 persen lebih rendah, dibandingkan dengan perokok yang tidak makan bawang putih mentah.

9.         Gandum utuh

Makanan Untuk Meredakan Asma

Diet yang terlalu banyak karbohidrat bisa meningkatkan produksi karbon dioksida dan menempatkan lebih banyak stres pada paru-paru. Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian utuh atau whole grain yang berserat seperti gandum utuh, quinoa, dan beras merah sebagai alternatif pengganti nasi dan roti putih.

10.       Kacang

Kacang memiliki banyak kandungan vitamin E yang membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan sel darah merah, yang memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh. Pasokan oksigen yang stabil mencegah pembuluh darah di paru-paru menyempit dan membantu kita untuk bernapas lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *