Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

  • Whatsapp
Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara
Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Garisatu.com – Its the time of the year. Semua orang akan beramai ramai menyambut hari Natal dan tahun baru dengan perasaan senang dan bahagia, tentu saja tidak lupa dengan hidangan khas natal. Hari raya natal merupakan hari raya yang ditunggu tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Dimana kita bisa bertukar kado, dan sembari menunggu pergantian tahun. Setiap orang merayakan hari raya natal dengan cara yang berbeda beda juga, biasa nya akan diselenggarakan makan bersama, baik bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Hari raya natal bahkan tidak hanya sekedar perayaan saja namun juga sudah tradisi dan momen perkumpulan keluarga.

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Dalam hari raya ini juga biasanya terdapat beberapa kudapan atau sajian khas natal. Kudapan khas natal ini berbeda beda di setiap negara. Berikut ini kita akan membahas kudapan kudapan yang disajikan pada saat malam natal di setiap negara:

Bacaan Lainnya

1. Amerika serikat 

Perayaan makanan khas natal tidak jauh dari hidangan kalkun atau ham, layaknya thanksgiving. Biasanya kalkun atau ham akan disajikan bersama dengan mashed potato alias kentang tumbuk dan saus yang berwarna kecoklatan.

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Namun, bagi beberapa orang Yahudi yang tinggal di Amerika, mereka juga memiliki tradisi sendiri yakni makan makanan khas China pada saat malam Natal. Hal ini juga karena sebagian besar restoran China masih buka pada hari libur.

2. Inggris 

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Hidangan kahs natal pada saat malam natal di negara Inggris cukup beragam. Biasanya hidangan khas natal pada saat malam Natal juga tidak jauh dari kalkun panggang, kentang panggang, kubis brussel, dan parsnip.

Selain itu, ada pula hidangan khas natal yaitu babi dengan isian dan saus spesial yang berasal dari buah cranberry. Dan sebagai hidangan penutup atau dessert, biasanya berupa pudding Natal atau Christmas Pudding. 

3. Jepang

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Berbeda dengan negara negara lainnya, negara Jepang merayakan malam Natal dengan hidangan khas natal yang cukup unik dan juga berbeda dari yang lainnya.

Jika negara lain menyajikan hidangan khas natal menu makanan rumahan, maka Jepang menyajikan makanan cepat saji saat Natal karena makanan cepat saji cukup praktis dan mudah didapat.

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Restoran cepat saji yang paling terkenal saat malam Natal di Jepang ialah KFC. Tradisi ini sudah dimulai pada tahun 1974 pada saat merek ayam goreng ini membuat kampanye iklan yang disebut “Kentucky for Christmas” dan menjadi populer. 

Yang lebih unik, banyak orang yang harus memesan hidangan ayam goreng ini berminggu minggu sebelumnya untuk memastikan stok ayam goreng mereka masih tersedia.

Selain ayam goreng, perayaan natal tradisional di negara Jepang juga dilengkapi dengan menyantap kue bersama. Biasanya kue strawberry dan sake panas disajikan sebagai penutup pesta natal. 

4. Eropa timur 

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Beberapa negara di bagian Eropa timur seperti Lithuania, Polandia, dan Ukraina semuanya mengadakan pesta makan malam Natal yang rumit dan megah. Makan malam juga akan dilengkapi dengan berbagai tradisi, yang berbeda di setiap negara di wilayah tersebut.

Secara tradisional, menu makan malam akan menyingkirkan daging, telur, dan susu dari meja makan sesuai dengan peraturan Puasa Kelahiran yang dipraktikkan oleh gereja Ortodoks dan Katolik Timur. 

Meskipun puasa ini tidak dilaksanakan seketat  pada jaman dahulu, orang-orang masih tetap menghormati puasa ini dan menghidangkan makanan yang berasal dari biji-bijian dan ikan. Kamu bisa menemukan berbagai menu ikan, jamur, biji-bijian, kacang, dan dilengkapi dengan minuman buah segar.

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

5. Jerman 

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Perayaan Natal di negara Jerman tidak jauh dengan makanan yang panggang, mulai dari bebek panggang, angsa, kelinci, atau daging panggang lain. Tidak hanya itu, makan malam juga akan dilengkapi hidangan pendamping seperti kentang dan kubis merah.

Setelahnya, selain rumah roti jahe, akan ada camilan tradisional favorit seperti roti stollen atau roti buah dengan campuran kacang-kacangan, rempah-rempah, dan buah kering dengan taburan gula bubuk. Sedangkan akan disediakan feuerzangenbowle yang merupakan anggur panas dan rum yang populer.

6. Swedia 

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Negara Swedia menyediakan julbord Swedia atau sebutan “meja Natal” yang mirip dengan konsep buffet. Dengan porsi yang besar hidangan ini cukup untuk banyak anggota keluarga, biasanya kamu akan menemukan lima hidangan umum seperti acar ikan herring, hidangan ikan, daging, makanan panas, dan terakhir hidangan pencuci mulut atau dessert.

Terlepas dari itu, makan malam Natal di Swedia juga biasanya mencakup bakso-bakso, lutfisk atau keringan ikan, hidangan kentang dan ikan, serta sosis babi.

7. Norwegia 

Makanan Khas Natal Berdasarkan Negara

Makanan Natal paling populer di negara Norwegia adalah daging babi panggang yang disajikan bersama dengan sauerkraut atau kol asam, dan kentang rebus.

Kamu juga bisa menemukan menu smalahove atau kepala domba utuh —yang dikukus, dengan bagian telinga dan mata dimakan terlebih dahulu, sementara otak disajikan dengan direbus atau digoreng. Untuk hidangan penutup, multekrem dibuat dengan mencampurkan cloudberry dengan krim kocok dan gula.

Itulah berbagai hidangan pada saat hari raya Natal yang biasanya dihidangkan di berbagai negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *