Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

  • Whatsapp
Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!
Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Garisatu.com – Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan kita baik fisik maupun mental. Makanan merupakan sumber utama vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. dengan mengonsumsi makanan yang sehat pun bisa membuat kamu memiliki tubuh dan gaya hidup yang sehat pula. Namun, ada beberapa makanan yang termasuk dalam golongan makanan sehat, namun harus kamu perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan sebab bisa memicu rasa kantuk. Tentunya kamu tidak ingin dong pada saat bekerja atau beraktifitas dan dilanda rasa kantuk?

Berikut merupakan deretan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terutama saat sarapan karena beresiko menimbulkan rasa kantuk.

Bacaan Lainnya

1.         Kacang almond

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Apakah kamu gemar mengonsumsi kacang almon sebagai tambahan topping dalam sarapan kamu ? sebaiknya hindari mengonsumsi kacang almon berlebihan supaya kamu tidak mengantuk saat beraktifitas.

Kacang almond mengandung tryptophan, asam amino yang memproduksi melatonin (hormone tidur). Selain itu, kandungan magnesium didalam kacang almond juga akan meredakan tekanan pada otot dan membuat anda lebih rentan mengantuk.

2.         Pisang

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Banyak sekali orang yang memilih pisang sebagai sarapan mereka, entah itu dibuat pancake, smoothies, hingga oatmeal dengan topping pisang. Sebab pisang dianggap tinggi protein sehingga membuat kita kenyang lebih lama.

Namun yang tidak kita sadari ialah, kandungan gula, potassium, dan magnesium pada pisang juga bisa mempermudah masuknya tryptophan pada otak dan memicu kantuk. Kandungan kalium dan magnesium pada pisang berfungsi untuk mengendurkan otot dan saraf supaya tidak tegang.

3.         Walnut

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Meskipun walnut termasuk salah satu kacang yang penuh akan nutrisi. Kacang ini mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral. Kacang ini juga kaya akan magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga.

Sebagai sumber lemak yang bagus, walnut juga bisa dijadikan salah satu pilihan makanan untuk diet. Tetapi, kacang walnut merupakan salah satu sumber makanan terbaik melatonin dan kandungan asam lemak pada walnut juga menjadi salah satu komponen yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Kacang walnut juga mengandung tryptophan, meskipun kandungannya lebih sedikit dibandingkan dengan kacang almond, namun kacang walnut kaya akan melatonin. Sehingga mengonsumsi kacang walnut akan meningkatkan hormone melatonin pada darah yang kemudian memicu rasa kantuk.

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

4.         Ceri

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Buah ceri biasanya kita temukan sebagai hiasan pada kue tart. Buah ceri mengandung vitamin A, vitamin C, mangan, antioksidan yang tinggi dan buah ceri termasuk ke dalam salah satu buah yang memiliki kandungan melatonin yang cukup tinggi, dimana melatonin ini berperan untuk membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jika kamu menyukai ceri, jangan khawatir sebab mengonsumsi segenggam ceri tidak akan membuat anda terlelap, kecuali anda mengonsumsi satu gelas jus ceri.

5.         Teh chamomile

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Teh chamomile termasuk kedalam kategori the yang bebas kafein. Seorang psikolog dan spesialis tidur bersertifikat, Michael Breus, PhD mengatakan bahwa kandungan chamomile pada teh ataupun minyak aromaterapi banyak dimanfatakan untuk mengatasi insomnia dan memberikan sensasi menenangkan.

Mereka umumnya digunakan sebagai obat penenang dan bisa menginduksi seseorang untuk tidur. Chamomile sangat efektif dalam membuat seseorang mudah mengantuk karena struktur kimia yang ada didalamnya.

Tumbuhan ini memiliki kandungan apigenin, yaitu senyawa kimia yang menginduksi kantuk Ketika berkaitan dengan reseptor GABA di otak. Reseptor GABA adalah reseptor yang sama dengan yang mengikat benzodiazepin.

Biasanya digunakan sebagai obat anti kecemasan karena mereka memiliki efek menenangkan. Bahkan teh chamomile banyak direkomendasikan untuk orang yang mengalami masalah tidur.

6.         Oily fish

Makanan Ini Bisa Membuat Kantuk, Hati-hati!

Oily fish seperti salmon, tuna dan mackerel merupakan beberapa jenis ikan yang terkenal memiliki kandungan vitamin D yang besar. Kemudian kombinasi antara asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Apalagi jika ikan berlemak tersebut kaya akan asam lemak dan omega-3 yang sehat khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). EPA dan DPA dikenal untuk mengurangi peradangan. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *