Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

  • Whatsapp
Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!
Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Garisatu.com – Makan kacang menyebabkan jerawat. Pernyataan ini masih sering terdengar dan masih banyak orang yang menganut kepercayaan yang satu ini meskipun belum tentu kebenarannya. Karena banyak pro dan kontra yang beredar terkait pernyatan ini, disini kita akan membahas lebih detail lagi apa kaitan antara jerawat dengan makan kacang. Simak penjekasan dibawah ini. 

Pada dasarnya, jerawat bisa muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati, kotoran, dan juga sebum, yang merupakan zat yang dihasilkan oleh kelenjar miyak untuk melemembabkan kulit.

Bacaan Lainnya

Namun pertumbuhan jerawat juga bisa disebabkan oleh hormone. Seperti contoh pada wanita hamil, atau wanita yang sedang mengalami menstruasi, biasanya akan terjadi perubahan hormone dan berpengaruh pada tumbuhnya jerawat. 

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Jerawat juga cukup sering dialami pada anak anak usia remaja, karena pada masa pubertas, tidak hanya nafsu makan saja yang meningkat namun juga kelenjar minyak.

Bahkan produksi minyak bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh kulit. Makanan makanan yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. 

Pada tahun 2005 dan 2006, ahli dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat melakukan dua penelitian untuk melihat kaitan antara susu dengan pertumbuhan jerawat.

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Hasil yang didapatkan dari kedua penelitian tersebut adalah, ternyata mengonsumsi susu sapi bisa memicu pertumbuhan jerawat pada wajah orang orang tersebut. Lalu selain susu, ternyata makan kacang juga dikenal sebagai pemicu jerawat. 

Kacang memang memilki kandungan lemak yang tinggi, namun kandungan lemak ini tidak cukup banyak hingga menimbulkan penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori pori kulit yang menyebabkan jerawat. Penyebab jerawat setelah makan kacang sebenarnya bukan karena kacang itu sendiri, melainkan bisa saja orang tersebut memiliki alergi terhadap kacang tanpa disadari. 

Kamu bisa melakukan riset pada tubuhmu sendiri untuk melihat apakah kamu alergi terhadap kacang atau tidak. Kamu bisa mencoba untuk menghindari makan kacang selama 1-2 bulan lalu amati perubahannya.

Setelahnya, bila kamu kembali mengonsumsi kacang dan wajahmu kembali tumbuh jerawat, maka kemungkinan kamu ada alergi terhadap kacang. 

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Jika kamu tidak memiliki alergi terhadap kacang, jangan pernah takut untuk mengonsumsinya sebab kacang sejujurnya baik bagi kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis kacang tertentu justru dapat bantu menghilangkan jerawat.

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Kacang mengandung vitamin dan mineral yang membantu kulit melawan peradangan kulit, seperti: 

• vitamin A,

• vitamin B3 dan B6,

• vitamin C, serta

• vitamin E.

Selain itu, kromium dan selenium di kacang juga berguna dalam memerangi masalah jerawat. Sebagai contoh, vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit.

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Kandungan asam folat pada kacang pistachio juga memastikan kulit pulih dari masalah jerawat. Bahkan, kacang pistachio juga dapat bereaksi dengan insulin karena bertugas melacak gula darah yang mungkin memengaruhi kadar androgen. 

Tidak hanya itu, kandungan selenium dan zinc pada kacang mete juga membantu tubuh melawan radikal bebas yang mungkin merusak sistem imun dan sel kulit manusia.

Kebanyakan kacang juga mengandung asam lemak omega-6 yang mungkin dapat memperburuk kondisi jerawat. Namun, omega-3 di dalamnya juga cukup kuat dalam melawan peradangan di kulit. 

Beberapa jenis kacang kacangan seperti halnya kacang almond, kacang mete, juga mengandung asam oksalat yang baik dalam merawat kulit dan baik untuk kecantikan kulit.

Kandungan omega 3 dari kacang kedelai telah terbukti mampu melawan inflamasi pada tubuh, mencegah kulit kering, dan membuat kulit tampak awet muda.

Jika kamu ingin mengonsumsi kacang, sebaiknya konsumsilah kacang yang dipanggang. Hindari makan kacang yang digoreng karena kacang goreng akan mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi, yang berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang. 

Makan Kacang Buat Jerawat? Ini Faktanya!

Jadi, banyak mengonsumsi gorengan termasuk kacang goreng, dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu, kamu juga perlu membatasi mengonsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi, karena konsumsi gula terlalu banyak akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan memicu produksi hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat.

Selain menghindari kacang yang digoreng, kamu juga bisa memilih jenis kacang yang baik  bagi kulit seperti kacang polong, kacang brazil, kacang pistachio, kacang kenari, kacang mete, dan kacang almond.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *