Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

  • Whatsapp
Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!
Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Garisatu.com – Setelah menyantap makanan besar / heavy meals, apakah yang akan anda lakukan? Apakah langsung makan buah segar dan dingin? Pertanyaan ini mendapatkan jawaban yang relatif berbeda dari orang orang. Ada orang yang setelah makan mungkin akan berjalan atau berdiri sebentar supaya makanan bisa tercerna dengan baik, ada pula yang mungkin akan duduk sambil menunggu makanan turun, dan ada juga yang makan buah. Sedangkan kebanyakan sepertinya ialah rebahan atau berbaring sesaat setelah makan.

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Memang di hari libur atau disaat kita tidak ada aktifitas, berbaring, makan, mengemil, makan buah mungkin menjadi hal yang menyenangkan. Bermalas malasan di tempat tidur sambil bermain hp, kalau bisa pun kita memilih untuk makan di atas tempat tidur.

Bacaan Lainnya

Tetapi jika kamu memiliki kebiasaan berbaring setelah sehabis makan, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sebab itu bisa menyebabkan beberapa kondisi. Diantaranya seperti yang dijelaskan dibawah ini.

            1.         Kenaikan asam lambung

Seperti yang dilansir dari Healthline, kebiasaan berbaring setelah makan bisa memicu kenaikan asam lambung dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Ini lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki penyakit refluks asam atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

GERD merupakan gangguan pencernaan yang terjadi ketika dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

Jika memiliki kondisi seperti ini, lapisan esofagus Anda bisa teriritasi oleh refluks asam ini.

Makanan pedas dan asam seperti jeruk dan tomat mungkin sangat mengganggu. Sementara alkohol, cokelat dan peppermint dapat memperparah heartburn dan GERD.

            2.         Mengganggu kualitas tidur

Masih membahas refluks asam tadi, gejala refluks bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di dada dan rasa pahit di mulut.

Oleh karena itu, jika Anda makan terlalu banyak atau mengonsumsi makanan yang memicu heartburn dekat dengan waktu tidur malam anda, maka ini bisa berpotensi mengganggu kualitas tidur. Selain itu, anda juga bisa mengalami insomnia jika Anda mengonsumsi kafein dalam kopi, teh atau cokelat, di waktu makan malam dan dekat dengan waktu tidur anda.

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Sebab, kafein akan memblokir adenosin, bahan kimia yang menimbulkan rasa kantuk.

Kafein juga bisa meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, suatu kondisi yang disebut sebagai nokturia.

Tidak semua orang sensitif terhadap kafein, tetapi jika Anda termasuk orang yang sensitif, sebaiknya pertimbangkan untuk membatasi konsumsi kafein di malam hari.

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Selain tidak boleh berbaring setelah makan, ada pula beberapa kebiasaan yang harus dihindari seperti dibawah ini.

            1.         Mandi

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Disaat kita mandi atau berendam, maka suhu tubuh kita akan sedikit meningkat. Untuk mengatasinya, tubuh mengirimkan lebih banyak darah ke kulit daripada biasanya. Ini bisa mengganggu proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Jika Anda ingin mandi, waktu terbaik untuk mandi adalah sekitar 30 menit setelah makan.

            2.         Minum teh

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Masih banyak orang yang meminum teh setelah makan atau bahkan menjadikan teh sebagai pendamping saat makan. Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa teh dapat mengganggu asimilasi zat besi, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, baik anak-anak, wanita hamil, atau orang yang menderita kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh dalam waktu durasi satu jam setelah makan. Orang dewasa akan lebih baik minum secangkir kopi yang justru tidak boleh diminum saat perut kosong, atau mereka harus membatasi dengan hanya segelas air.

            3.         Olahraga

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Anda disarankan untuk berolahraga minimal 2 jam setelah anda makan. Sebab beban pada saat perut kenyang bisa menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan dan mual, serta konsekuensi yang lebih serius, seperti peningkatan risiko trauma dan kejang.

Jika Anda merasa tidak sabar untuk berlatih setelah makan, lebih baik batasi diri Anda dengan berjalan-jalan dengan tenang dan mulai berolahraga minimal 2 jam setelahnya.

            4.         Makan buah

Makan Buah Setelah Makan? Jangan Lakukan!

Makan buah terdengar cocok untuk mencuci mulut setelah makan, bukan? Tetapi sebaiknya anda mulai kurangi atau hindari kebiasaan mengonsumsi buah setelah anda makan. Sebab mereka membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna. Waktu terbaik untuk menikmati makan buah adalah dengan perut kosong agar penyerapannya bisa maksimal.

Jika anda makan buah tepat setelah makan, itu tidak dapat dicerna dengan baik dan akan disatukan dengan makan malam yang baru saja Anda makan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *